Abstract:
Perpustakaan merupakan salah satu pusat sumber belajar yang menyediakan
berbagai sumber informasi pada lembaga sekolah. Masyarakat akademis
kebutuhannya akan informasi begitu kuat dalam rangka untuk mendukung program
pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu,
manajemen layanan perpustakaan sebagai penyedia sumber-sumberin formasi
harus terus ditingkatkan agar keberadaanya benar–benar menjadi tolok ukur
terhadap gerak majunya mutu pendidikan di lembaga pendidikan tersebut. Dari latar
belakang peneliti diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang
manajemen perpustakaan di MI Al Hasib Pakis Malang dan peran perpustakaan
dalam menunjang mutu pendidikan di MI Al Hasib Pakis Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen
perpustakaan di MI Al Hasib Pakis Malang dan peran perpustakaan dalam
menunjang mutu pendidikan di MI Al Hasib Pakis Malang. Untuk mencapai tujuan
tersebut, maka peniti nelakukan penelitian berupa penelitian kualitatif deskripstif.
Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi,
yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan
secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data
dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan
metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa
catatan-catatan, transkrip, buku, surat kabar dan sebagainya.
Dalam penelitian ini Manajemen perpustakaan di MI Al Hasib Pakis
Malang dimulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yang
dilakukan oleh Kepala Madrasah yaitu dengan cara melakukan perencanaan
anggaran dana, pengadaan dan sumber daya alam. Manajemen pelaksanaan yang
dilakukan dengan mengatur struktur organisasi perpustakaan, pergerakan serta
pengawasan di perpustakaan perpustakaan bagian pelayanan dan keadaan sarana
prasarana yang ada di perpustakaan MI Al Hasib Pakis Malang. Sedangkan dalam
evaluasi, perpustakaan MI AL Hasib selalu melakukan evaluasi setiap akhir
semester atau setiap satu tahun sekali. Dalam penelitiannya, peran perpustakaan di
MI Al Hasib Pakis diantaranya perpustakaan sebagai sumber belajar, perpustakaan
merupakan tempat koleksi buku, dan peran perpustakaan dapat menumbuhkan
minat baca siswa.
Berdasarkan usaha yang didapatkan, hasil temuan penelitian bahwasannya
dalam anggaran dana, perpustakaan mendapatkan sumber dana dar pemerintah dan
bantuan buku dari siswa kelas enam. Untuk SDM perpustakaan sendiri berasal dari
vi
satu guru kelas sebagai tenaga perpustakaan bagian administrasi, ddan satu tenaga
perpustakaan yang fokus pada layanan, sedangkan kepala perpustakaan sebagai
guru pelajaran agama di MI Al Hasib Pakis Malang. Sarana prasarana sudah cukup
baik, namun tata letak perpustakaan kurang strategis. Dari segi koleksi buku masih
kurang karena buku yang ada di perpustakaan lebih banyak buku paket daripada
buku cerita. Dan unuk peran perpustakaan yaitu perpustakaan sebagai pusat belajar,
dalam hal ini siswa dapat belajar secara mandiri di perpustakaan untuk menambah
ilmu pengetahuan dan informasi. Perpustakaan adalah tempat koleksi buku yang
dimana perpustakaan MI Al Hasib masih kurang dari segi koleksi buku ceritanya.
Untuk peran perpustakaan dapat menumbuhkan minat baca siswa perlu adanya
dukungan buku yang menarik sehingga siswa akan gemar pergi ke perpustakaan
untuk membaca buku yang dibutuhkan oleh siswa.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu agar Kepala
Madrasah beserta para staff terkait hendaknya memberikan perhatian yang serius
terhadap perpustakaan sekolah, terutama berkaitan dengan pengadaan fasilitas yang
dibutuhkan. Perpustakaan sekolah dapat menjalankan fungsinya dengan baik jika
ditunjang dengan fasilitas yang lengkap. Sedangakan kepada kepala perpustakaan
dalam pengelola perpustakaan hendaknya lebih meningkatkan kinerjanya , baik dari
segi pengadaan koleksi buku, sarana prasarana, sumber daya manusia dan
pelayanannya.