Optimalisasi Pelayanan Penerbitan SKCK yang Akuntabel dan Transparan Di Polsek Dampit (Studi Kasus pada Polsek Dampit, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang)
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya kritik yang ditujukan kepada pegawai pelayanan SKCK, yang selama ini masih belum terlaksana dengan baik, kurangnya kepastian waktu, kurangnya pegawai pelayanan, adanya program yang belum bisa terlaksana. Justru dalam iklim kenegaraan yang semakin demokratis, transparan dan terbuka sejak menggelindingnya reformasi di berbagai bidang kehidupan. Untuk itu perlu adanya upaya peningkatan profesionalisme pegawai dalam memberikan pelayanan publik.
Bagaimana cara pegawai melayani masyarakat dengan baik, apa yang menjadi kendala polsek dampit dalam pelayanan SKCK. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran kepolisian polsek dampit dalam memberikan pelayanan SKCKyang akuntabel dan transparan, untuk mengetahui bagaimana hasil dari penerapan optimalisasi pelayanan penerbitan SKCK yang akuntabel dan transparan di polsek dampit, untuk mengetahui kendala yang dihadapi polsek dampit dalam penerbitan SKCK. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif, karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan data secara rinci, bukan data yang berupa angka.
Temuan dan hasil dari penelitian ini adalah surat catatan keterangan kepolisian (SKCK) adalah surat keterangan resmi yang diberikan oleh pihak kepolisian kepada seorang warga masyarakat untuk memenuhi permohonan untuk melamar pekerjaan. SKCK itu adalah surat yang akuntabel karena surat tersebut menyangkut catatan buruk seseorang dari kepolisian. Kesimpulannya adalah upaya polsek dampit dalam menjalankan peranannya memberikan pelayanan SKCK yang akuntabel dan transparan. Dalam program yang dilakukan polsek dampit untuk mempermudah masyarakat dalam penerbitan SKCK yaitu pogram SKCK online dan keliling agar masyarakat mudah untuk melakukan penerbitan. Sarannya yaitu diharapkan kepada polsek dampit agar segera melakukan pembaharuan agar masyarakat nyaman dalam penerbitan SKCK dan untuk masyarakat sendiri agar tetap mendukung dan mematuhi apa yang diturunkan oleh polsek dampit.
Kata Kunci : Pelayanan, akuntabilitas, transparansi