View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Kependudukan Menggunakan Program Jemput Bola (Studi pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang Provinsi Jawa Timur)

Thumbnail
View/Open
Fulltext (3.140Mb)
Date
2024-06-15
Author
Paramesti, Widyadhari
Metadata
Show full item record
Abstract
Pada prinsipnya implementasi kebijakan hanyalah suatu metode untuk mencapai tujuan suatu kebijakan. Ada dua pilihan dalam melaksanakan kebijakan publik yaitu secara langsung melalui program-program atau dengan menetapkan formulasi kebijakan atau kebijakan turunan. Di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang memiliki suatu program bernama “Jemput Bola”. Program ini merupakan program yang memiliki fungsi untuk melakukan penjemputan dan pengantaran kembali dokumen kependudukan masyarakat dalam konteks pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Namun dalam implementasinya masih ditemukan beberapa masalah yang mungkin harus segera diatasi oleh pemerintah Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan program Jemput Bola yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang berlangsung dengan berdasarkan indikator komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Melalui pendekatan studi kasus, penelitian ini berfokus pada teori implementasi kebijakan oleh George C. Edward III yang mengacu pada empat indikator yaitu: komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Juga berfokus pada faktor pendukung salah satunya adalah adanya dukungan dari stakeholder dan faktor penghambat salah satunya adalah masih belum maksimalnya saluran internet yang merata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi kebijakan program Jemput Bola di Dispenduk Capil Kota Malang ini sudah terlaksana dengan baik. Akan tetapi masih ada beberapa penghambat diantaranya seperti susahnya sinyal di beberapa lokasi tertentu yang ada di kota Malang saat penginputan data ke server pusat, susahnya untuk melakukan perekaman dengan masyarakat yang memiliki kekurangan. Strategi yang bisa dilakukan yaitu dengan giat memperbaiki koneksi sinyal dan melakukan komunikasi lebih mendalam dan tersturktur kepada masyarakat yang memiliki kekurangan atau penyandang disabilitas. Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Jemput Bola, Pelayanan Administrasi
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10479
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group