Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Pengajaran Statistik Pendidikan di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh anjuran pemerintah yaitu demi
mencegah merebahnya covid-19 pemerintah menerapakan peraturan tentang
social distancing dan pshycal distancing. Hal ini juga berlaku pada dunia
pendidikan dan perkantoran. Semua hal yang berbau keramaian dan kerumunan
masa dilarang oleh pemerintah. Pada akhirnya muncullah solusi supaya
pendidikan tetap berlangsung dan aktivitas perkantoran atau pekerjaan lainnya
tetap berjalan, karena melihat sebagai mana pentingnya pendidikan, bahkan ada
yang berpendapat bahwa pandemi ini bisa menghentikan aktivitas seluruh
masyarakat di luar, akan tetapi jangan sampai menghentikan proses pendidikan
atau belajar mengajar.
Besarnya tuntutan terhadap dosen agar memanfaatkan media pengajaran
pada proses pemberian materi dalam pengajaran daring peneliti merasa bahwa
aplikasi Zoom Cloud Meetings lah jawabannya, dalam aplikasi ini terdapat
berbagai macam fitur yang dapat memudahkan baik dosen ataupun mahasiswa
dalam pengajaran online. selain itu penggunaannya terbilang cukup mudah
dipelajari baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa. Sehingga dengan adanya
media aplikasi ini, proses pengajaran akan terus berjalan sesuai himbauan dari
pemerintah.
Dari latar belakang di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni
tentang langkah-langkah penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meetings dalam kuliah
Statistik Pendidikan semester VI Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama
Islam di Universitas Islam Malang, efektivitas penggunaan aplikasi Zoom Cloud
Meetings dalam kuliah Statistik Pendidikan semester VI Prodi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Agama Islam di Universitas Islam Malang dan juga tentang
kendala penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meetings dalam kuliah Statistik
Pendidikan semester VI Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam di
Universitas Islam Malang.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkahlangkah penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meetings dalam kuliah Statistik
Pendidikan di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang, efektivitas
penggunaan aplikasi Zoom Cloud Meetings dalam kuliah Statistik Pendidikan
semester VI Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam di Universitas
Islam Malang dan juga tentang kendala penggunaan aplikasi Zoom Cloud
Meetings dalam kuliah Statistik Pendidikan semester VI Prodi Pendidikan Agama
Islam Fakultas Agama Islam di Universitas Islam Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis
penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian
fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan
metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan
dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai
hal-hal atau variabel yang berupa catatan-catatan, transkip, buku, surat kabar,
makalah, laporan-laporan, agenda dan sebagainya.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dalam penggunaan aplikasi
Zoom Cloud Meetings perlu adanya langkah-langkah untuk penggunaan aplikasi
zoom sebagai media pengajaran daring. Adapun langkah-langkahnya yaitu,
Mahasiswa harus install aplikasi zoom di HP android dari play store, Sebelum
memulai kelas online diingatkan kembali pada alamat web personal meeting di
zoom oleh dosen agar mahasiswa bisa masuk dalam kelas pada aplikasi zoom,
Buka browser pada laptop/HP dan isi dengan alamat personal meeting diatas,
Untuk memulai kuliah online, klik kotak join a meeting, Pada kotak isian Meeting
ID, mahasiswa mengisi sesuai dengan Meeting ID yang diberikan oleh dosen,
Kemudian mahasiswa mengklik join meeting. Dan sampailah mahasiswa untuk
bergabung di kelas online.
Selain itu dalam segi efektivitas, Adapun aplikasi zoom ini bisa dikatakan
efektif karena berdasarkan temuan penelitian yang dikaitkan dengan indikatorindikator seperti kecermatan penugasan, yang mana mahasiswa dapat
mengidentifikasi dan menjawab soal yang diberikan oleh dosen dengan cermat
dan benar, karena mahasiswa bisa mencari jawaban dari berbagai macam sumber
yang sudah tersedia di internet dan buku dengan waktu yang sudah ditentukan.
Kecepatan unjuk kerja, yang mana Makin cepat seorang mahasiswa manampilkan
unjuk-kerja, semakin efektif pembelajaran. Sepertihalnya dalam subjek penelitian
ini, mahasiswa yang menyelesaikan soal hanya dengan waktu 5 menit lebih
efektif daripada mahasiswa lainnya yang mengerjakan soal lebih dari 5 menit.
Tingkat alih belajar dalam pengajaran daring ini kemampuan mahasiswa dalam
alih belajar cukup baik, terbukti mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal
materi yang mempunyai dasar atau karakter yang sama seperti materi yang telah
diajarkan dan tingkat retensi sesuai yang dijelaskan dalam bab pembahasan di
atas. Dalam pengajaran daring menggunakan zoom ini, mahasiswa mampu
menyelesaikan soal-soal materi yang sudah pernah disampaikan dosen dengan
baik. Dikarenakan dalam aplikasi ini terdapat fitur recording, yang mana dalam
fitur ini mampu merekam suatu video pengajaran daring untuk di tonton sendiri di
kemudian hari, sehingga mahasiswa tidak perlu khawatir lupa dengan penjelasan
dosen yang lalu, dan pada akhirnya mahasiswa mampu menyelesaikan soal-soal
yang diberikan oleh dosen dengan baik.Adapun untuk saran hendaknya dengan
adanya penelitian ini dosen bisa lebih kreatif lagi dalam mengembangkan model,
metode dan media dalam pengajaran khususnya dalam pengajaran daring.
Aplikasi zoom memang terbukti efektif untuk pengajaran daring, akan tetapi lebih
baiknya lagi jika bisa mengkombinasikan aplikasi zoom dengan aplikasi yang lain,
agar tercipta kegiatan daring yang efektif dan efisien sesuai tujuan pengajaran.