Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Desa Wisata Jambu Kediri
Abstract
Agrowisata merupakan suatu bentuk dari rural tourism yang menawarkan kegiatan pertanian untuk daya tarik wisata serta melibatkan penduduk lokal dalam perencanaan hingga pengelolaan kawasan agrowisata. Desa wisata jambu merupakan salah satu desa yang menggembangkan desa dengan konsep wisata alam, edukasi dan budaya yang dikelola oleh Pemerintah Desa Jambu dan Bumdes Jaya Makmur Jambu. Pengembangan potensi desa wisata jambu merupakan strategi untuk membangun dan meningkatkan perekonomian khusunya di perdesaan. Dalam sebuah agrowisata kualitas pelayanan merupakan hal yang penting, maka dari itu ada beberapa faktor yang penting dalam kualitas pelayanan yaitu bukti fisik (Tangibles), kehandalan (Realibility), ketanggapan (Responsiveness), jaminan (Assurance) dan simpati (Empathy). Pelayanan yang optimal dapat membentuk minat kunjungan ulang pengunjung karena merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh suatu industri. Berdasarkan hasil survei pendahuluan menemukan jumlah pengunjung yang terus meningkat, namun terdapat masalah atau keluhan dari konsumen mengenai fasilitas dan pelayanan yang ada di Desa Wisata Jambu Kediri yang belum optimal. Oleh karena itu penting untuk melakukan penelitian perusahaan dalam melakukan kualitas pelayanan yang terbaik supaya mampu bertahan dan tetap menjadi kepercayaan pengunjung. Dengan adanya kepuasan maka akan memberikan manfaat diantaranya hubungan antara perusahaan dan pengunjung menjadi harmonis. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk menganalisis tingkat kepuasan pengunjung berdasarkan kualitas pelayanan yang diberikan Desa Wisata Jambu Kota Kediri dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di Desa Wisata Jambu Kota Kediri.
Penelitian ini dilakukan di Desa Wisata Jambu Kediri yang berada di Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri karena di desa wisata jambu memiliki angrowisata yang menggunakan konsep wisata alam, edukasi dan budaya. Untuk responden yang menjadi sampel adalah pengunjung yang berkunjung di Desa Wisata Jambu Kediri baik wisatawan maupun masyarakat lokal. Berdasarkan kriteria tersebut dapat diambil sebagai sempel berjumlah 85, metode pengambilan sampel menggunakan teori Maholtra (2006) karena populasi penelitian ini tidak diketahui jumlahnya, pada penelitian ini menggunakan 17 indikator pertanyaan dari 10 variabel maka untuk menentukan jumlah sampel 17 x 5 = 85 responden. Metode analisis menggunakan CSI (Custumer Satisfaction Index) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan analisis Regresi Logistik Biner.
Berdasarkan hasil pembahasan penelitian ini tentang Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Desa Wisata Jambu Kediri dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan Desa Wisata Jambu Kediri seperti bukti fisik, kecepatan, ketanggapan, jaminan dan simpati sudah diberikan cukup baik dengan memberikan sikap yang ramah dan menjaga keamanan konsumen. Namun dalam pelaksanaanya belum optimal secara keseluruhan hal ini ditunjukan dari hasil penilaian konsumen dalam hasil analisis CSI (Customer Satisfaction Index) nilai Indeks Kepuasan Konsumen sebesar 58,60%. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di Desa Wisata Jambu Kediri pada model regresi logistik biner terdapat 3 variabel predictor yaitu bukti fisik (X1), daya tanggap (X3) dan jaminan (X4) sedangkan bariabel kecepatan (X2) dan kepedulian (X5) tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung.
Saran dari penelitian ini adalah bagi perusahaan desa wisata jambu Kediri untuk merawat fasilitas yang dimiliki agar lebih bersih dan memperbaiki bangunan yang rusak, agar pengunjung merasa nyaman dengan fasilitas yang diberikan oleh desa wisata jambu. Bagi Desa Wisata Jambu Kediri diharapkan dapat memperbaiki indikator daya tanggap seperti melakukan pelayanan yang cepat kepada pengunjung, karyawan selalu bersedia membantu pengunjung dan karyawan tanggap dalam melayani keluhan pengunjung dengan cara menunjukkan rasa empati terhadap keluhan pelanggan. Saran untuk indikator jaminan Desa Wisata Jambu Kediri perlu meningkatkan jaminan karena jaminan merupakan salah satu faktor penting terhadap kepuasan pengunjung. Jaminan yang diberikan oleh Desa Wista Jambu Kediri sudah cukup baik, perlu ditingkatkan dan dipertahankan keramahan karyawan, karena keramahan karyawan akan membuat pengunjung merasa senang dan nyaman dalam menerima pelayanan yang diberikan.
Kata Kunci : Analisis, Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Tingkat Kepuasan Pengunjung, Desa Wisata Jambu Kediri