Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Pesen Kopi (Studi Kasus di Pesen Kopi Sumbersari Kota Malang)
Abstract
Industri Kafe terus berkembang pesat setiap tahunnya. Pada tahun 2021 jumlah kafe di Kota Malang terdapat 144, kemudian di tahun selanjutnya yakni tahun 2022 bertambah menjadi 200 kafe. Dari sekian banyaknya kafe di Kota Malang dengan berbagai tema dan konsep, tidak sedikit pelanggan yang menetap di satu cafe saja seperti di Pesen Kopi Sumbersari. Berdasarkan permasalahan yang diuraikan di atas, penelitian Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Pesen Kopi dirasa penting untuk dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen Pesen Kopi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk Pesen Kopi.
Penelitian dilakukan di Pesen Kopi Sumbersari yang berlokasi di Jalan Surabaya No. 16, Sumbersari, Kec Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Tempat penelitian dipilih secara sengaja atau (purposive). Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik quota sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan cara menetapkan jumlah tertentu sebagai target yang harus dipenuhi dalam pengambilan sampel dari populasi (khususnya yang tidak terhingga atau tidak jelas). Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan persyaratan masyarakat yang mengonsumsi produk Pesen Kopi. Metode pengumpulan data di daerah penelitian ini bersumber dari data primer dan literatur penunjang. Data primer diperoleh dari kuesioner sedangkan data literatur penunjang diperoleh dari berbagai sumber seperti buku, internet, jurnal, skripsi serta sumber lain yang mendukung. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi, menjelaskan, dan mentabulasi data kuesioner. Nilai penskoran ini terdiri dari 5 kategori dengan skor 1-5. Sedangkan metode kuantitatif adalah metode yang mementingkan kedalaman data, yang terpenting dari data kuantitatif dapat merekam data sebanyak-banyaknya dari populasi yang luas.
Karakteristik konsumen Pesen Kopi Sumbersari berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan/bulan yang paling banyak adalah usia 21-25, jenis kelamin perempuan, pendidikan terakhir sarjana, pekerjaan pegawai swasta, dan penghasilan/bulan Rp.1.000.000 – Rp.2.000.000.
Hasil analisis regresi model logit diperoleh model Y = -0,622 + 0,861X1 - 0,933X2 + 0,424X3 + 0,423X4. Hasil Uji Chi-Square mendapatkan nilai 5,021 dengan signifikan 0,755 > 0.05/5% yang berati model cocok dengan data observasinya (model fit). Uji Goodness of fit mendapatan nilai R Square sebesar 0,318 menunjukkan nilai koefisien determinasi yang artinya 31,8% variable independent memberikan pengaruh terhadap variabel dependen, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Uji likelihood penelitian ini menunjukkan nilai -2 log likelihood pada block = 0 bernilai 110,452 dan nilai pada block =1 bernilai 86,359 sehingga dapat dikatakan bahwa model yang dihipotesiskan fit (sesuai).
Hasil Uji Parsial diketahui bahwa variabel pruduk dengan nilai signifikan sebesar 0,001, harga dengan nilai signifikan 0,012 yang artinya berpengaruh secara parsial signifikan terhadap keputusan pembelian produk Pesen Kopi. Sedangkan variabel tempat dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Pesen Kopi.
Saran yang dapat peneliti berikan dari hasil penelitian ini yang pertama pada Variabel Produk (X1) memberikan pengaruh secara signifikan, maka diharapkan untuk mempertahankan kualitas produk, ciri khas produk, dan meningkatkan desain kemasan produk agar terus mengikuti perkembangan jaman dan bisa lebih meningkatkan daya tarik konsumen untuk membeli produk Pesen Kopi. Kedua pada Variabel Harga (X2) memberikan pengaruh signifikan, maka Pesen Kopi Sumbersari harus tetap mempertahankan harga yang sesuai dengan kualitas dan lebih terjangkau agar bisa bersaing dengan harga kafe lain, karena apabila tidak dipertahankan konsumen akan beralih membeli produk kafe lain. Ketiga diharapkan Pesen Kopi Sumbersari untuk mempertahankan kebersihan dan kenyamanan di outlet, karena kafe dengan konsep minimalis akan terlihat lebih menarik saat kondisi outlet bersih dan rapi. Keempat diharapkan Pesen Kopi Sumbersari meningkatkan promosi lewat sosial media agar bisa lebih diketahui orang lagi dan meningkatkan penjualan. Kelima penelitian ini masih banyak terdapat kelemahan seperti variabel yang diteliti masih kurang lengkap dan kurang rinci. Kelemahan tersebut diharapkan dapat disempurnakan dengan menambah variabel-variabel yang diambil, seperti menggunakan bauran pemasaran 7P, sehingga penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan kedepannya dan melengkapi model yang dianalisis. Bagi peneliti selanjutnya di sarankan saat menyebarkan kuesioner diutamakan menggunakan google form dari pada kuesioner kertas, karena kuesioner melalui google form lebih memudahkan responden untuk mengisinya.
Kata Kunci : Analisis, Keputusan Pembelian, Produk Pesen Kopi