Abstract:
Kepala sekolah dalam suatu pendidikan sangatlah penting peranannya agar
tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan, harus benar-benar menguasai
manajemen organisasi, strategi apa yang akan digunakan untuk memajukan lembaga
yang dipegang, harus bisa menjadi top leader yang siap bersaing dengan sekolahsekolah lainnya, menjadi penggerak terjadinya proses perubahan pendidikan dalam
memberikan kepercayaan dan wewenang kepada seluruh personil pendidikan.
Sebagai kepala sekolah harus menjadi panutan dalam lembaga sekolah tersebut, dari
itu kepala sekolah harus memiliki sikap yang amanah, tanggungjawab, memiliki
prinsip yang kuat dan bijaksana sehingga tidak semena-mena dan hanya
memanfaatkan jabatannya saja terhadap bawahan, dengan itu membuat kepala
sekolah menjadi orang yang bisa dihormati dan dihargai dan juga menjadi panutan
dalam menjalankan segala aktifitas. Keberhasilan kepala sekolah juga dapat dilihat
dari bagaimana strategi yang digunakan dalam memimpin dan membangun
komitmen, menggabungkan visi misi yang tepat, dan juga mengatur sumber yang
mendukung dan mencapai tujuan. dalam mengembnagkan mutu pendidikan sekolah
kepala sekolah harus memiliki konsep dan memiliki pengalaman yang mereka benar
mampu dalam menjalankan tugas sebagai memajukan sekolah.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Bagaimana
mutu pendidikan di Tha-it Suksa School Nonthaburi Bangkok Thailand serta strategi
kepemimpinan kelapa sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan Tha-it Suksa
School Nonthaburi Bangkok Thailand.
Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan menggunakan
pendekatan kualitatif alasan menggunakan pendekatan ini karena peneliti Ingin Lebih
memahami secara mendalam peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu
pendidikan di Tha-It Suksa School Nonthaburi Thailand. selanjutnya jenis penelitian
yang dilakukan ini adalah studi kasus yaitu suatu yang bertujuan untuk
mempertahankan objek. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode
observasi, dokumentasi, dan wawancara/interview. Metode analisis data yang
digunakan adalah dengan system triangulasi data untuk menguji keabsahan data yang
diperoleh. Data yang diperoleh adalah data dari hasil observasi, interview dan
dokumentasi yang direduksi atau diolah untuk mendapatkan kesimpulan yang valid.
vi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pendidikan yang ada di Tha-It
Suksa School Nonthaburi Thailand semakin tahun semakin meningkat menjadi
sekolah favorit di Nonthaburi, dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ini
kepala sekolah bekerjasam dengan waka kurikulum, waka sarana dan prasarana, waka
personalia ataupun kependidikan, waka kesiswaan, dan juga waka hubungan dan
masyarakat yang dalam bidangnya mereka melakukan sesuai porsi yang sudah ada
dalam peraturan kebangsaan Thailand dan juga sudah ada dalam peraturan sekolah itu
sendiri. Strategi kepala sekolah dalam meningkatkat mutu pendidikan di Tha-It Suksa
School seperti yang sduah di jabarkan ada bebera strategi yang dilakukan kepala
sekolah antara lainnya adalah Meningkatkan sarana dan prasarana, Bekerjasama
Universitas-universitas, Mengirimkan Guru untuk mengikuti Seminar dan Workshop,
mengirimkan peserta didik yang berbakat, Penerapan Karakter, Kepala sekolah
sebagai Manajer, Kepala Sekolah sebagai Supervisor dan pembinaan pondok
pesantren. Dalam meningkatkan mutu pendidikan di Tha-It Suksa School Nonthaburi
Thailand kepala sekolah tidak mungkin melakukan tugasnya sendiri, tentu saja
adanya faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari kepala sekolah tersebut seperti
Bekerjasama antar seluruh pihak sekolah yang terlibat, dengan bekerjasama maka
tujuan dan peningkatan mutu akan jauh lebih cepat dan berhasil, Profesionalisme
seorang kepala sekolah juga harus dimiliki, dengan ide-ide da program yang
dijalankan kepalas sekolah harus dilakukan secara professional. Kepala sekolah harus
mampu bersaing dalam dunia pendidikan, Tertatanya seluruh program sekolah dapat
juga mempengaruhi keberhasilan sekolah.