Menentukan Strategi Pemasaran yang Tepat Melalui Analisis SWOT (Studi pada Wisata Edu-resort Lembah Indah Malang
Abstract
Puteri Armilah Nabila 2024, Menentukan Strategi Pemasaran Yang Tepat Melalui Analisis SWOT Studi Pada Wisata Edu-resort Lembah Indah Malang Kecamatan Ngajum, Dosen Pembimbing I Dra. Sri Nuringwahyu, M.Si, Dosen Pembimbing II Eny Widayawati S.AB., M.AB.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal perusahaan, portofolio perusahaan dan menentukan strategi pemasaran yang tepat pada Wisata Edu-resort Lembah Indah Malang. Jenis penelitian ini menggunakan model sequential exploratory dan metode yang digunakan mix method atau metode campuran. Fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis faktor internal dan faktor eksternal diantarnya yaitu: kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang mempengaruhi Wisata Edu-resort Lembah Indah Malang dalam menentukan portofolio perusahaan serta menganalisis strategi pemasaran. Sumber data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi. Pada analisis data kualitatif dalam penelitian ini melalui wawancara kepada informan yang telah ditentukan untuk menentukan faktor internal dan faktor eksternal perusahaan dalam merancang matriks SWOT.
Pada analisis data kuantitatif dalam penelitian ini berdasarkan analisis data kualitatif yang telah dilakukan pembobotan serta rating di setiap indikatornya dalam menentukan matriks IFAS dan matriks EFAS yang hasilnya digunakan untuk menentukan titik potong sumbu (X,Y) dalam membuat kuadran SWOT guna mengetahui posisi perusahaan saat ini dan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal Wisata Edu-resort Lembah Indah Malang bahwa terdapat beberapa faktor yang memberikan dampak strategi pemasaran, seperti:1) Daya tarik wisata yang sangat indah, 2) Harga tiket masuk yang terjangkau, 3) fasilitas yang cukup memadai, 4) lokasi yang strategis. Matriks faktor internal menunjukkan nilai positif (+) karena nilai kekuatan lebih besar dari pada kelemahannya (S = 0,53 ≥ W = 0,47), sedangkan matriks faktor eksternal juga menunjukkan nilai positif (+) karena nilai peluang lebih besar dari pada nilai ancaman (O = 0,54 ≥ T = 0,46). Kondisi internal eksternal yang positif maka arah kebijakan yang tepat dilaksanakan pada kondisi ini yaitu “Growth Strategy” atau strategi pertumbuhan yang ada pada Wisata Edu-resort Lembah Indah Malang seperti pengembangan layanan, pemasaran dan juga promosi.
Kata Kunci : analisis SWOT, faktor internal, faktor eksternal, dan strategi pemasaran