Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Kafe Samcir Nganjuk)
Abstract
Zulfa Rohadatul ‘Aisyi 2024, Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kafe Samcir). Dosen Pembimbing I Dra. Ratna Nikin Hardati, M.Si. dan Dosen Pembimbing II Karina Utami Anastuti, S.AB., M.AB.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di Kafe Samcir Nganjuk. (2) Mengetahui pengaruh Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian di Kafe Samcir Nganjuk. (3) Mengetahui pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian di Kafe Samcir Nganjuk. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling dan sampel sebanyak 100 responden. Analisis dengan menggunakan alat software SPSS 27. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, uji reliabilitasm, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word Of Mouth (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai uji t hitung > t tabel (4,450 > 1,985) sedangkan nilai sig. < 0,05 (0,01 < 0,05). Brand Awareness (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai uji t hitung > t tabel (5,113 > 1,985) sedangkan nilai sig. < 0,05 (0,01 < 0,05). Secara simultan Electronic Word Of Mouth dan Brand Awareness berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai uji F hitung > F tabel (35,287 > 3,09) dan nilai sig. F < 0,05 (0,01 < 0,05).
Kata Kunci: Electronic Word Of Mouth, Brand Awareness, Keputusan Pembelian