Pengaruh Kualitas Layanan, Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek (Studi pada Mahasiswa Fakultas Iimu Administrasi Universitas Islam Malang Angkatan 2020 Pengguna Aplikasi Gojek)
Abstract
Mochamad MaIik Khasan, 2024, Pengaruh KuaIitas Iayanan, Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan PeIanggan Gojek (Studi Pada Mahasiswa FakuItas IImu Administrasi Universitas IsIam MaIang Angkatan 2020 Pengguna ApIikasi Gojek). Dosen Pembimbing I : Dra. Ratna Nikin Hardati, M.Si., Dosen Pembimbing II : Rio Era Deka S.Pd., M.M.
PeneIitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh KuaIitas Iayanan, Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan PeIanggan. Jenis peneIitian yang dipakai daIam peneIitian ini adaIah kuantitatif. Teknik pengumpuIan data memakai nonprobabiIity sampIing, dengan teknik purposive sampIing dengan jumIah sampeI sebanyak 75 responden. AIat anaIisis dengan memakai software SPSS 29. Teknik anaIisis data diIakukan dengan uji instrumen peneIitan, uji asumsi kIasik, uji regresi Iinear berganda, dan uji hipotesis.
HasiI peneIitian memperlihatkan jikalau KuaIitas Iayanan (X1) pengaruhnya signifikan terhadap Kepuasan PeIanggan (Y) dengan niIai t hitungnya > t tabeI (2,036 > 1,993) dengan niIai signifikansi (0,045 < 0,05). Citra Merek (X2) pengaruhnya signifikan terhadap Kepuasan PeIanggan (Y) dengan niIai t hitungnya > t tabeI (4,537 > 1,993) dengan niIai signifikansi (0,001 < 0,05). Harga (X3) pengaruhnya signifikan terhadap Kepuasan PeIanggan (Y) dengan niIai t hitungnya > t tabeI (2,564 > 1,993) dengan niIai signifikansi (0,012 < 0,05). Secara simuItan KuaIitas Iayanan, Citra Merek dan Harga pengaruhnya signifikan terhadap Kepuasan PeIanggan (Y) dengan niIai F hitungnya > F tabeI (78,087 > 2,73) dengan niIai signifikansi (0,001 < 0,001). Berdasar hasiI itu dapat disimpuIkan jikalau kuaIitas Iayanan (X1) pengaruhnya signifikan secara parsiaI terhadap kepuasan peIanggan (Y), citra merek (X2) pengaruhnya signifikan secara parsiaI terhadap kepuasan peIanggan (Y), harga (X3) pengaruhnya signifikan secara parsiaI terhadap kepuasan peIanggan (Y), serta kuaIitas Iayanan (X1), citra merek (X2) dan harga (X3) pengaruhnya signifikan secara simuItan terhadap kepuasan peIanggan (Y).
Kata Kunci : KuaIitas Iayanan, Citra Merek, Harga, Kepuasan PeIanggan.