Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang
Abstract
Kemampuan penalaran matematis sangat penting untuk dimiliki oleh mahasiswa. Mahasiswa dapat dikatakan mampu memiliki kemampuan penalaran matematis apabila dapat menganalisis situasi matematika dengan memberikan dugaan, merencanakan proses penyelesaian, memecahkan permasalahan dengan langkah sisematis, serta membuat kesimpulan logis yang disertakan dengan alasan pada langkah penyelesaiannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis mahasiswa semester 2 dari kelas A prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang Tahun Ajaran 2023/2024 dalam menyelesaikan soal peluang. Peluang merupakan salah satu pokok bahasan dalam mata kuliah telaah materi matematika. Peluang memiliki arti umum yaitu angka yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan suatu peristiwa akan terjadi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 dari kelas A prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang Tahun Ajaran 2023/2024. Penentuan subjek berdasarkan hasil tes yang diperoleh, subjek penelitian tersebut berjumlah enam orang yang setiap kategori diwakilkan oleh dua mahasiswa dengan hasil tes kemmapuan penalaran matematis tinggi, sedang dan rendah. Kemudian dilakukan wawancara untuk mendapatkan data yang lebih mendalam mengenani kemampuan penalaran matematis. Keabsahan data digunakan dengan triangulasi teknik, yaitu membandingkan hasil data tes dan wawancara pada sumber yang sama.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh tiga kesimpulan. Berikut kesimpulan yang diperoleh. 1) Kemampuan penalaran matematis mahasiswa kategori kemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah yang telah diberikan mampu memenuhi ke empat indikator kemampuan penalaran matematis yaitu menganalisis situasi matematik, merencanakan proses penyelesaian, menyelesaikan permasalahan dengan langkah sistemais, menarik kesimpulan logis. 2) Kemampuan penalaran matematis mahasiswa kategori kemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah yang telah diberikan memenuhi tiga indikator yaitu menganlisis situasi matematik, menyelesaikan permasalahan dengan langkah sistemais, menarik kesimpulan logis. hal ini disebabkan mahasiswa tidak menuliskan kesimpulan jawaban yang dapat memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis. 3) Kemampuan penalaran matematis mahasiswa kategori kemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah yang telah diberikan memenuhi satu indikator yaitu menganlisis situasi matematik. Hal ini dikarenakan tidak menuliskan cara penyelesaian soal dan tidak menuliskan kesimpulan akhir serta kurang teliti dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Bedasarkan kesimpulan yang ada dapat diberikan penelitian lanjutan untuk meningkatkan penemuan terbaru yaitu mencari pengaruh atau faktor yang memengaruhi kemampuan penalaran matematis mahasiswa berdasarrkan kemampuan matematika yang dimilikinya juga mendapatkan solusi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis.
Kata kunci: Kemampuan penalaran matematis, peluang, kualitatif deskriptif