Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Literasi Matematis dan Motivasi Belajar Peserta Didik
Abstract
Literasi matematis dan motivasi belajar sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun banyak peserta didik yang masih kurang kemampuan literasi matematis dan motivasi belajar. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil obseravsi di SMPN 3 Tuban. Salah satu solusi mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan penggunaan media sosial Instagram dalam pembelajaran terhadap literasi matematis dan motivasi belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain ekperimen semu dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 3 Tuban. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 32 siswa karena memiliki literasi matematis dan motivasi belajar yang sama. Data yang dikumpulkan berupa angket motivasi belajar dan hasil pretest-posttest kemampuan literasi matematis. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar dan soal pretest-posttest literasi matematis. Analisis data yang digunakan menggunakan SPSS 29 dengan melakukan uji independent sample t-test dan perbandingan dan .
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi motivasi belajar yaitu 0,043<0,05 dan nilai signifikansi literasi matematis yaitu 0,017<0,05. Selain itu, hasil perbandingan dan dengan nilai kemampuan literasi matematis yaitu 2,069 dan nilai untuk df = 62 yaitu 1,671. Maka, > atau 2,069 > 1,671. Nilai motivasi belajar yaitu 2,461 dan nilai untuk df = 62 yaitu 1,671. Maka, > atau 2,461 > 1,671. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa media sosial Instagram berpengaruh dan lebih efektif dalam pembelajaran terhadap literasi matematis dan motivasi belajar peserta didik. Diharapkan menjadi referensi media pembelajaran sesuai dengan perubahan kondisi pembelajaran matematika dan dapat mengkaji mengenai penerapan media sosial Instagram dengan lebih baik lagi.
Kata kunci : media sosial Instagram, literasi matematis, motivasi belajar