View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Literasi Matematis dan Motivasi Belajar Peserta Didik

Thumbnail
View/Open
Publish (1.798Mb)
Fulltext (10.09Mb)
Date
2024-07-10
Author
Sari, Risma Novita
Metadata
Show full item record
Abstract
Literasi matematis dan motivasi belajar sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun banyak peserta didik yang masih kurang kemampuan literasi matematis dan motivasi belajar. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil obseravsi di SMPN 3 Tuban. Salah satu solusi mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan keefektifan penggunaan media sosial Instagram dalam pembelajaran terhadap literasi matematis dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain ekperimen semu dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 3 Tuban. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 32 siswa karena memiliki literasi matematis dan motivasi belajar yang sama. Data yang dikumpulkan berupa angket motivasi belajar dan hasil pretest-posttest kemampuan literasi matematis. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar dan soal pretest-posttest literasi matematis. Analisis data yang digunakan menggunakan SPSS 29 dengan melakukan uji independent sample t-test dan perbandingan dan . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi motivasi belajar yaitu 0,043<0,05 dan nilai signifikansi literasi matematis yaitu 0,017<0,05. Selain itu, hasil perbandingan dan dengan nilai kemampuan literasi matematis yaitu 2,069 dan nilai untuk df = 62 yaitu 1,671. Maka, > atau 2,069 > 1,671. Nilai motivasi belajar yaitu 2,461 dan nilai untuk df = 62 yaitu 1,671. Maka, > atau 2,461 > 1,671. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa media sosial Instagram berpengaruh dan lebih efektif dalam pembelajaran terhadap literasi matematis dan motivasi belajar peserta didik. Diharapkan menjadi referensi media pembelajaran sesuai dengan perubahan kondisi pembelajaran matematika dan dapat mengkaji mengenai penerapan media sosial Instagram dengan lebih baik lagi. Kata kunci : media sosial Instagram, literasi matematis, motivasi belajar
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10725
Collections
  • UT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group