View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu

Thumbnail
View/Open
Publish (1.741Mb)
Fulltext (4.295Mb)
Date
2024-08-10
Author
Nugroho, Iskhak Setyo
Metadata
Show full item record
Abstract
Pelayanan yang baik dapat menarik perhatian masyarakat, dan pelayanan yang dikelola dengan baik diharapkan dapat memenuhi harapan masyarakat. Masyarakat umum meyakini bahwa pelayanan yang diberikan akan berupa kinerja Berbagai cara bisa ditempuh dalam meningkatkan kepuasan masyarakat diantaranya dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan menyediakan fasilititas penunjang yang dibutuhkan masyarakat. Salah satu pemukiman kecamatan Junrejo Kota Batu adalah Desa Torongrejo. Pelayanan Kantor Desa merupakan contoh utama karena selain prosedur yang berbelit-belit akibat birokrasi yang tidak fleksibel, masyarakat juga sering menyuarakan keluhan mengenai perilaku tidak bersahabat dari oknum pencari keuntungan, kurangnya keramah tamahan, dan ketepatan waktu pelayanan. yang seringkali mengakibatkan pelayanan melebihi batas waktu pelayanan yang ditentukan. Untuk meningkatkan pelayanan publik, komputerisasi harus diterapkan agar dapat menghasilkan informasi akurat yang dapat memuaskan masyarakat dan memperlancar prosesnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap Kepuasan masyarakat baik secara parsial maupun simultan di Kantor Desa Torongrejo Kota Batu. Metode penelitian kuantitatif dipergunakan pada penelitian ini, dengan menggunakan regresi sebagai pengukur seberapa besar pengaruh variable bebas terhadap variable terikat. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, analisis data dengan menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji hipotesis, koefisien determinasi, dan uji dominan. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap kepuasan masyarakat dengan hasil thitung maing-masing sebesar 3,873 (X1) dan 4,121 (X2) lebih besar dari ttabel yaitu 1,984 dengan tara signifikansi 0,00 dibawah 0,05. Sementara pada uji F menunjukkan kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan masyarakat dengan hasil Fhitung sebesar 32,662 lebih besar dari Ftabel yaitu 2,70 dengan tara signifikansi 0,00 dibawah 0,05. Uji koefisien determinasi pada penelitian ini menghasilkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,402, menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan terhadap variabel dependen dalam penelitian ini sebesar 40,2%. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Masyarakat.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10742
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group