Efektivitas Pelayanan Kependudukan Godigital (Godigi) di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi serta menganalisis pelayanan adminstrasi kependudukan melalui website Godigital tanpa antri dan berbelit di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo. website godigital ini diharapkan dapat membantu mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat untuk pengurusan dokumen kependudukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan fokus penelitian menggunakan teori dari Campbell J.P, (1970) yang terdiri dari 5 indikator pengukuran efektivitas, yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkat input dan output, dan pencapaian tujuan menyeluruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Efektivitas pelayanan administrasi kependudukan Godigital (GODiGi) di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo dapat dikatakan berhasil namun, masih memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti kurangnya fitur-fitur seperti google form dalam menyampaikan aspirasi berupa kritik maupun saran, selain itu sosialisasi kepada masyarakat belum di implementasikan. Kemudian dari sisi manfaat, website Godigital ini mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mengurangi jarak tempuh yang jauh untuk datang ke Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu disarankan agar Mal pelayanan publik dapat melakukan penyediaan google from serta peningkatan kegiatan sosialisasi secara terus-menerus dalam jangka panjang.
Kata Kunci : Efektivitas, Godigital, Pelayanan Publik