Pengaruh Habits of Mind Matematis dan Self Concept terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in Singosari
Abstract
Matematika menjadi mata pelajaran yang mempunyai peranan yang sangat penting di sekolah. Dalam proses pembelajaran matematika diperlukannya beberapa soft skill dan hard skill yang harus dicapai. Kemampuan pemahaman matematis menjadi salah satu hal dasar yang sangat penting untuk dikuasai oleh peserta didik, agar hasil prestasi matematika yang baik. Terdapat faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman matematis yakni habits of mind matematis yang mengacu pada kebiasaan berpikir dan berperilaku untuk mendukung pembelajaran matematika dan self concept yang dapat mempengaruhi keberhasilan peserta didik melalui presepsi individu tentang kemampuan yang dimiliki dalam dirinya sendiri.
Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui pengaruh habits of mind matematis dan self concept secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in Singosari 2) untuk mengetahui pengaruh habits of mind matematis terhadap kemampuan pemmahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in Singosari 3) untuk mengetahui pengaruh self concept terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in Singosari.
Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan metode kuantitatif jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu random sampling. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah kuisioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda metode eliminasi dengan bantuan software SPSS 25. Untuk dapat menganalisis data perlu merubah data ordinal dari kuisioner habits of mind matematis dan self concept ditransformasikan menjadi data interval menggunakan Methode of Successice Interval (MSI) dan dilakukannya uji normalitas data sebagai syarat uji statistik parametrik.
Hasil yang didapat penelitian ini yang pertama adalah adanya pengaruh signifikan secara bersama-sama antara habits of mind dan self concept terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Plus Hidayatun Mubtadi’in Singosari dengan besar pengaruhnya 54,9%. Kedua, adanya pengaruh signifikan antara habits of mind terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Plus Hidayatun Mubtadi’in Singosari dengan besar pengaruhnya 53,1%. Ketiga, tidak adanya pengaruh signifikan antara self concept terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik kelas VIII SMP Plus Hidayatun Mubtadi’in Singosari dengan melihat dari nilai Sig (p=0,441 > 0,05).
Kata kunci: Habits of Mind, Self Concept, Kemampuan Pemahaman Matematis