View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division (Stad) dengan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Fungsi untuk Meningkat Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X MA Roudlotul Ulum Pagak Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2023/2024

Thumbnail
View/Open
Publish (3.135Mb)
Fulltext (10.49Mb)
Date
2024-07-30
Author
Arifvianto, Muhammad
Metadata
Show full item record
Abstract
Pembelajaran matematika merupakan proses pembelajaran yang tidak terpisahkan dari dua jenis kegiatan yaitu belajar dan mengajar, dimana kedua bidang ini bekerja sama secara terpadu menjadi kegiatan berupa interaksi antara peserta didik dengan guru, peserta didik dengan peserta didik, dan antara peserta didik dengan lingkungan saat pembelajaran matematika berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers kelas X MA Roudlotul Ulum tahun ajaran 2023/2024. Rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X di MA Roudlotul Ulum. Salah satu model pembelajaran yang diterapkan oleh peneliti dalam penelitian ini sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap penelitian yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang berjumlah 19 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil observasi kegiatan pendidik dan peserta didik, hasil tes akhir siklus, dan wawancara. Indikator keberhasilan yang digunakan yaitu: 1) 70% peserta didik mendapat nilai tes ≥70, 2) Hasil pengamatan guru mencapai ≥70%. 3) Persentase keaktifan peserta didik ≥70%, 4) Respon positif peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Pembelajaran Berdiferensiasi mencapai 70%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Pembelajaran Berdiferensiasi dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi fungsi dengan tahapan pembelajaran sebagai berikut: 1) Kegiatan awal, 2) Kegiatan inti, 3) Kegiatan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi kegiatan guru pada siklus I yaitu 71,60% dengan taraf keberhasilan baik dan meningkat menjadi 88,63% pada siklus II dengan taraf keberhasilan sangat baik, hasil observasi kegiatan peserta didik pada siklus I yaitu 65,99% dengan taraf keberhasilan baik dan meningkat menjadi 83,74% pada siklus II dengan taraf keberhasilan sangat baik, hasil tes akhir siklus pada siklus I yaitu 63,15% dan mneingkat menjadi 73,65% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka tindakan dihentikan dan penelitian berhasil dikarenakan terdapat adanya peningkatan pada siklus II dan telah memenuhi kriteria keberhasilan yang sudah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan Pembelajaran Berdiferensiasi dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X MA Roudlotul Ulum Tahun Ajaran 2023/2024. Saran bagi pendiidk model pembelajaran STAD dengan pembelajaran berdiferensiasi dapat digunakan alternatif model pembelajaran yang bisa diimplementasikan pendidik. Bagi peserta didik sangat penting untuk mengembangkan pola pikir, tidak takut salah, dapat bersosialisasi dengan teman unruk memacu diri meningkatkan kemampuan. Bagi sekolah dapat meningkatkan kualitas peserta didik yang dapat meningkatkan kuliatas sekolah. Bagi peneliti selanjutnya agar peneliti selanjutnya menerapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Division (STAD) dengan pembelajaran berdiferensiasi yang dipadukan dengan media pembelajaran yang interaktif seperti wordwall, live worksheet, kahoot. Ini akan memungkinkan penelitian berikutnya mendapatkan hasil yang sesuai oleh peneliti. Kata kunci: Model Pembelajaran STAD, Pembelajaran Berdiferensiasi, dan Pemahaman Konsep Matematis
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10774
Collections
  • UT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group