View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) Berbantuan Spinner untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Sajian dan Tafsiran Data Peserta Didik Kelas VII MTs Al Maarif 01 Singosari

Thumbnail
View/Open
Publish (1.560Mb)
Fulltext (17.74Mb)
Date
2024-07-30
Author
Sari, Safitri Anita
Metadata
Show full item record
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dalam kegiatan pembelajaran matematika agar peserta didik mendapatkan solusi permasalahan matematika yang diiginkan dengan mengeluarkan pendapatnya ataupun bertukar pendapat dengan peserta didik lain. Namun banyak peserta didik yang merasa kesulitan dalam berkomunikasi matematis. Kurangnya kemampuan komunikasi matematis ditunjukan oleh peserta didik kelas VII-A MTs Almaarif 01 Singosari. Hal ini ditunjukan dari hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika dikelas VII-A MTs Almaarif 01 Singosari, diketahui bahwa peserta didik kesulitan dalam berkomunikasi matematis disebabkan oleh faktor semangat belajar yang kurang, kondisi peserta didik dan guru yang cenderung menggunakan model konvensional dalam mengajar. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan spinner. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan spinner untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi sajian dan tafsiran data peserta didik kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari; 2) Mendeskripsikan hasil peningkatan komunikasi matematis melalui model pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan spinner pada materi sajian dan tafsiran data peserta didik kelas VII MTs Almaarif 01 Singosari. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam siklus yang terdapat empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Pengambilan data menggunakan lembar obervasi guru, lembar observasi peserta didik, wawancara, soal tes dan catatan lapangan. Tahapan analisis data yang dilakukan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A MTs Almaarif 01 Singosari yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dengan materi sajian dan tafsiran data. Berdasarkan penelitian, didapatkan hasil bahwa penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi sajian dan tafsiran data peserta didik kelas VII-A MTs Almaarif 01 Singosari, dengan langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) kegiatan awal, memberikan informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran, metode penilaian yang akan dilaksanakan; (2) kegiatan inti meliputi: pemberian kartu pertanyaan kepada peserta didik, pemberian materi sajian dan tafsiran data, kemudian pengumpulan kembali kartu yang telah berisi pertayaan yang dibuat peserta didik, selanjutnya dibagikan secara acak kepada peserta didik dan dipresentasikan oleh peserta didik yang terpilih melalui spinner;(3) kegiatan akhir, menyimpulkan materi bersama peserta didik. Aspek-aspek peningkatan dalam pembelajaran terlihat pada hasil observasi kegiatan guru pada siklus I mencapai 71,75% dengan kriteria “baik”, kemudian pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 82,48% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil observasi peserta didik siklus I mencapai 71,75% dengan kriteria “baik”, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83,55% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil tes akhir siklus I rata-rata kelas mencapai 74,63 dan presentase ketuntasan 63,3% dengan kriteria “baik”, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata kelas mencapai 77,1 dan presentase ketuntasan 83,3% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil wawancara juga menunjukkan respon baik dari peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang senang dengan penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here memiliki presentase 50% dengan kriteria “baik”, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,3% dengan kriteria “sangat baik”. Adapun hasil penerapan model pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan spinner dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII-A MTs Almaarif 01 Singosari. Rekomendasi pembelajaran untuk menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan spinner sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kelas untuk meningkatkan kemampuan lainnya termasuk kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Rekomendasi lanjutan peneliti yaitu menerapkan model pembelajaran everyone is a teacher here berbantuan spinner pada pokok bahasan lain yang dirasa masih sulit oleh peserta didik dan lebih memaksimalkan lagi pada kegiatan individu. Kata Kunci: Model Pembelajaran everyone is a teacher here, spinner, kemampuan komunikasi matematis
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10778
Collections
  • UT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group