Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Analogical Reasoning pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII MTs Bahrul Maghfiroh Malang
Abstract
Kemampuan analogical reasoning merupakan salah satu aspek yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran matematika guna membentuk perspektif dalam menyelesaikan masalah matematika dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Rendahnya kemampuan analogical reasoning ditunjukkan oleh siswa kelas VII-A MTs Bahrul Maghfiroh Malang. Hal ini ditunjukkan dari hasil wawancara terhadap guru mata pelajaran matematika kelas VII MTs Bahrul Maghfiroh Malang dan nilai ulangan harian siswa terdapat 55% yang mencapai nilai KKM dan 45% belum mencapai nilai KKM. Oleh karena itu diperlukan alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan analogical reasoning siswa.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan hasil peningkatan kemampuan analogical reasoning siswa menggunakan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Flash Card pada materi aritmetika sosial sehingga menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan siklus yang terus berulang sampai indikator keberhasilan tindakan tercapai. Pada penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan 1 siklus terdapat 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Observasi kegiatan guru dan siswa, (2) Tes akhir siklus, (3) Wawancara, dan (4) Angket siswa. Adapun hasil analisis data pada siklus I yaitu sebagai berikut: (1) hasil kegiatan guru mencapai 68,75%, (2) hasil kegiatan siswa diperoleh 65,5%, (3) rata-rata hasil tes akhir siklus diperoleh 68,5 dengan persentase ketuntasan 65%, (4) hasil wawancara menunjukkan 50% siswa merespon positif terhadap pembelajaran Probing Prompting berbantuan Flash Card, (5) hasil angket siswa diperoleh 55% merasa senang terhadap pembelajaran Probing Prompting berbantuan Flash Card. Dari hasil siklus I diketahui masih belum memenuhi kriteria keberhasilan, sehingga perlu diadakan siklus ke-II. Pada siklus II mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan siswa mampu menyelesaikan soal sesuai dengan indikator kemampuan analogical reasoning. Adapun hasil analisis data pada siklus II yaitu sebagai berikut: (1) hasil kegiatan guru mencapai 83,75%, (2) hasil kegiatan siswa diperoleh 82,5%, (3)rata-rata hasil tes akhir siklus diperoleh 81,85 dengan persentase ketuntasan 85%, (4) hasil wawancara menjunjukkan 83,3% siswa merespon positif terhadap pembelajaran Probing Prompting berbantuan Flash Card, (5) hasil angket siswa diperoleh 80% merasa senang terhadap pembelajaran Probing Prompting berbantuan Flash Card. Dari hasil siklus II diketahui sudah memenuhi kriteria keberhasilan sehingga tidak perlu diadakan siklus selanjutnya.
Adapun hasil penerapan dari model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Flash Card terbukti dapat meningkatkan kemampuan analogical reasoning siswa kelas VII-A MTs Bahrul Maghfiroh Malang. Rekomendasi pembelajaran untuk menggunakan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Flash Card sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam kelas untuk meningkatkan kemampuan lainnya termasuk analogical reasoning siswa. Rekomendasi lanjutan penelitian yaitu menerapkan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Flash Card pada pokok bahasan lain yang dirasa masih sulit oleh siswa dan lebih dimaksimalkan lagi.
Kata Kunci: model pembelajaran Probing Prompting, Flash Card, kemampuan analogical reasoning, aritmetika sosial