View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektivitas Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, And Apply) terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif dan Reflektif

Thumbnail
View/Open
Publish (1.451Mb)
Fulltext (10.82Mb)
Date
2024-07-30
Author
Husniah, Hurriyatul
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang belum mampu untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan rendahnya pemahaman konsep dan gaya kognitif siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan adanya model pembelajaran yang berpengaruh terhadap pemahaman konsep yaitu model pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply). Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui perbedaan pemahaman konsep antara siswa menggunakan IDEA dengan konvensional ditinjau dari gaya kognitif impulsif dan gaya kognitif reflektif pada materi statistika, (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran IDEA dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep ditinjau dari gaya kognitif impulsif dan gaya kognitif reflektif pada materi statistika, (3) mengetahui keefektifan model pembelajaran IDEA terhadap pemahaman konsep ditinjau dari gaya kognitif reflektif dibandingkan gaya kognitif impulsif pada materi statistika. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain fakorial eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP NU Gondanglegi dan sampel penelitian kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu tes gaya kognitif dan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data terdiri dari Analisis data tahap awal dan analisis data tahap akhir. Analisis data yang digunakan yaitu uji statistik deskriptif, dan uji statistik inferensial, yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dari siswa impulsif dan reflektif. (2) Model pembelajaran IDEA lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep ditinjau dari gaya kognitf impulsif dan reflektif. (3) Model pembelajaran IDEA efektif untuk siswa reflektif daripada impulsif. Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran IDEA efektif terhadap pemahaman konsep ditinjau dari gaya kognitif impulsif dan reflektif pada materi statistika. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu melakukan penelitian mengenai berbagai topik, gaya kognitif, dan materi lain. Kata kunci: Pemahaman konsep, gaya kognitif impulsif dan reflektif, model pembelajaran IDEA, statistika
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10793
Collections
  • UT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group