View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peningkatan Pemahaman Konsep melalui Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan Media Wordwall pada Materi Statistika Kelas VII MTs Roudlotul Ulum Pagak

Thumbnail
View/Open
Publish (1.710Mb)
Fulltext (45.83Mb)
Date
2024-07-25
Author
Prameswara, Deva
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada kurangnya pemahaman konsep peserta didik MTs Roudlatul Ulum Pagak. Hal tersebut disebabkan beberapa faktor yaitu: kurangnya minat dan motivasi dalam belajar, kurangnya peran aktif peserta didik dalam pembelajaran, sikap nakal peserta didik seperti sering keluar masuk kelas untuk menghindari pembelajaran. Faktor-faktor tersebut disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan hanya sebatas ceramah dan pemberian materi. Kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran mengakibatkan pembelajaran kurang aktif dan hidup. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model discovery learning berbantuan media Wordwall untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi statistika peserta didik kelas VIII, (2) mendeskripsikan hasil peningkatan pemahaman konsep peserta didik kelas VIII pada materi statistika setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media Wordwall. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung di MTs Roudlatul Ulum di kelas VIII semester Genap tahun ajaran 2023/2024 dengan banyaknya peserta didik adalah 26 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data wawancara, observasi, catatan lapangan, dan hasil tes akhir siklus pemahaman konsep peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Model pembelajaran discovery learning berbantuan media Wordwall dilaksanakan dengan sintak: (a) pemberian rangsangan, (b) identifikasi masalah, (c) pengumpulan data, (d) pengolahan data, (e) pembuktian, dan (f) menyimpulkan. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 75% dengan kriteria “baik” sedangkan pada siklus II mencapai 84.74% dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas guru pada masing-masing siklus sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan. Akan tetapi aktivitas guru pada siklus I masih banyak kekurangan dan kekurangan-kekurangan tersebut dapat diperbaiki pada siklus II. Peningkatan aktivitas guru juga diiringi oleh peningkatan aktivitas peserta didik. Aktivitas peserta didik pada saat penerapan tindakan siklus I mencapai 73% dengan kriteria “baik” sedangkan pada siklus II mencapai 88.65% dengan kriteria “sangat baik”. Adanya peningkatan aktivitas guru dan peserta didik menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media Wordwall diterapkan dengan baik. (2) Hasil peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi statistika setelah dilaksanakan penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media Wordwall dapat dilihat dari hasil tes akhir siklus. Pada siklus I, terdapat 12 dari 26 peserta didik yang mendapatkan nilai 75 dengan persentase 46.1% dan kriteria “rendah”. Sedangkan pada siklus II, 21 dari 26 peserta didik mendapatkan nilai 75 dengan persentase 80.7% dan kriteria “baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep peserta didik kelas VIII MTs Roudlatul Ulum Pagak terdapat peningkatan sebesar 34.6% setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media Wordwall. Respon peserta didik kelas VIII Roudlatul Ulum Pagak terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media Wordwall pada materi statistika didapatkan dari hasil wawancara. Pada siklus I, 4 dari 6 subjek memberikan respon yang positif terhadap model dan media pembelajaran. Oleh karena itu, kriteria keberhasilan wawancara sudah terpenuhi, karena sudah mencapai 50%. Pada siklus II hasil wawancara menunjukkan bahwa seluruh subjek memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran discovery learning berbantuan Wordwall. Dengan demikian, dapat disimpulkan model pembelajaran discovery learning berbantuan media Wordwall dapat meningkatkan pemahaman konsep pada materi statistika kelas VIII MTs Roudlatul Ulum Pagak. Kata kunci : peningkatan, pemahaman konsep, model pembelajaran discovery learning, media wordwall, statistika
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10794
Collections
  • UT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group