Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kecap “Cap Laron” pada Pasar Baru Tuban
Abstract
Meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan pengetahuan yang semakin luas membuat masyarakat semakin cerdas dan selektif dalam memilih produk untuk memenuhi kebutuhannya, ditambah lagi dengan semakin banyaknya informasi yang diperoleh sehingga konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak dalam memilih produk. minuman tertarik untuk memasarkan produknya. Kecap adalah cairan hasil fermentasi bahan nabati berprotein tinggi di dalam larutan garam. Secara umum kecap dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu kecap manis dan kecap asin. Sikap dan perilaku masyarakat Tuban dalam menentukan pembelian produk kecap Cap Laron merupakan suatu hal yang menarik untuk diteliti. Sikap pembelian masyarakat Tuban terhadap produk kecap Laron dapat ditentukan oleh atribut- atribut yang melekat pada produk kecap Cap Laron. Karakteristik ini akan menentukan sikap konsumen terhadap produk kecap laron apakah menyukai atau tidak menyukai produk kecap laron. kecap “cap laron” dengan kemasan berwarna kuning, lokasi yang digunakan penelitian adalah pasar baru yang berada di titik kota Tuban. Sampel yang digunakan adalah responden yang pernah membeli kecap “cap laron”. Topik dan pembahasan penelitian ini yaitu kualitas produk, pengaruh harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian kecap “cap laron”. keputusan pembelian adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan dan evaluasi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dengan menentukan opsi yang dianggap paling menguntungkan. Serta, mengenai keputusan pembelian Kecap Cap Laron, pemakai memutuskan untuk membeli kecap merek Cap Laron karena brand image-nya, harga produk, dan yang paling disukai dengan merek kecap Cap Laron yakni rasa. Tujuan dari penelitian ini ada 2 diantaranya untuk mengetahui kualitas produk, harga, dan citra merek kecap “cap laron” dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian kecap “cap laron” pada pasar baru Tuban.
Penelitian ini dilakukan di pasar baru Tuban yang beralamat Jl. Gajah Mada Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Dilakukan pada bulan Desember 2023, teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling karena populasi tidak diketahui dimana, populasi yang digunakan penelitian dari pengunjung pasar baru Tuban. Teknik pengambilan sampel menurut (Malhotra, 2006) yang diambil dapat ditentukan dengan cara mengalikan 5 dengan jumlah variabel atribut sebanyak 15, sehingga penelitian ini menggunakan 75 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan metode analisis data menggunakan analisis logistik.
Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini mengenai pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian kecap “cap laron” pada pasar baru Tuban dengan variabel independen Pendidikan (X1), Pendapatan (X2), Kualitas Produk (X3), Harga (X4), dan Citra Merek (X5) sedangkan variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y). Hasil analisis yang
telah dilakukan menghasilkan nilai Nagelkerke R-Square sebesar 0,482 (48,2%), nilai signifikan sebesar 0,805 yang menunjukkan nilai tersebut >0,05 sehingga model mampu memprediksi nilai observasinya atau dapat dikatakan model diterima karena cocok dengan data observasinya. Dan hasil dari uji wald dari 5 variabel menghasilkan nilai signifikan (0,760 X1) (0,013 X2) (0,013 X3) (0,016 X4) (0,695 X5), dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pendapatan (X2), kualitas produk (X3), dan pengaruh harga (X4) secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian kecap “cap laron”. Hasil analisis secara persial menunjukkan bahwa pendidikan (X1) dan citra merek (X5) memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap intensi pembelian konsumen pada produk kecap “cap laron”. Saran untuk pedagang dalam penerapan pemasaran harga yang terjangkau juga sangat berpengaruh terhadap konsumen karena harga yang terjangkau, konsumen tidak akan berpindah ke tempat yang lain serta tempat yang strategis dan pelayanan yang cepat akan membuat konsumen merasa nyaman untuk berbelanja di tokoh tersebut dan tidak akan pindah ke toko lain.
Kata Kunci : Analisis, Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kecap “Cap Laron”, Pasar Baru Tuban