Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Wingko Babat Khas Lamongan
Abstract
Dunia bisnis berkembang pesat dan banyak bisnis serupa yang telah membuktikan diri lebih kompetitif. Dengan berkembangnya suatu usaha diharapkan perekonomian di Indonesia dapat meningkat. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dalam pembangunan perekonomian, baik bagi negara berkembang maupun bagi negara maju. Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan sebagai pemilikan suatu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. Semakin berkembangnya wingko yang dijual di Kabupaten Lamongan, mengharuskan pengusaha wingko mampu menghadapi tingkat persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu, pengelolahan terhadap bauran pemasaran yaitu kualitas pelayanan, kualitas produk, harga dan lokasi harus dilakukan dengan baik, karena akan mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian Wingko Babat Cap Putra Agung.
Penelitian ini dilakukan di outlet Wingko Babat Cap Putra Agung yang beralamat di desa babat, kecamatan babat, kabupaten Lamongan pada bulan Mei 2024 dengan jumlah hari yang tidak ditentukan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelanggan yang membeli dan mengonsumsi Wingko Babat Cap Putra Agung. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling sehingga menggunakan teknik sampling insidental, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang kebetulan bertemu dengan peneliti ini dan dianggap cocok menjadi sumber data akan menjadi sampel. Penentuan jumlah sampel menurut teori Malhotra yang mana semua variabel atau atribut dikali 5. Akan tetapi menurut Roscoe dan Sugiyono (2011) “ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah antara 30 sampai 500.” Maka, sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan 4x10 = 40 responden, sudah sesuai dengan syarat ukuran sampel yang layak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan deskriptif dengan metode pengumpulan menggunakan data sekunder dan data primer. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda.
Hasil dari analisis regresi linier berganda variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian wingko dengan nilai sig 0,012<0,05, variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Wingko Cap Putra Agung dengan nilai sig 0,045<0,05, variabel harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian wingko cap putra gaung dengan nilai sig 0,511>0,05, dan variabel lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian wingko cap putra agung dengan nilai sig 0,022.
Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan lebih memperluas jangkauan penelitian dengan menambah sampel, objek penelitian yang berbeda, serta beberapa variabel lain yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Untuk UMKM Cap Putra Agung hendaknya memberikan harga yang sesuai dengan rasa (tekstur wingko), dan kualitas produk yang diberikan pelanggan. UMKM harus menyesuaikan harga yang beredar dipasaran dan memberikan inovasi-inovasi baru terhadap produk wingko babat “Cap Putra Agung” sehingga konsumen lebih memilih produk. Dalam hal ini perusahaan harus menentukan harga yang sesuai dengan produk yang diberikan dan perusahaan juga harus lebih konsisten dalam menentukan sistem pembayaran yang dilakukan oleh konsumen.
Kata Kunci : Analisis, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi, Keputusan Pembelian, Wingko Babat Khas Lamongan