View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Agriculture
  • UT - Agribusiness
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Agriculture
  • UT - Agribusiness
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Buah Jeruk Lokal di Super Indo Tlogomas dan Bendungan Sutami Kota Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.403Mb)
Fulltext (3.098Mb)
Date
2024-10-29
Author
Rochmadani, Dyah Ayu
Metadata
Show full item record
Abstract
Jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang baik untuk tubuh, dan bersifat alami sehingga konsumen tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya dalam jangka Panjang dan memilih mengkonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh (Eldisthia et al., 2023). Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produksi jeruk siam/keprok di Indonesia mencapai 2,72 juta ton sepanjang 2022. Jumlah tersebut meningkat 13,2% dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 2,4 juta ton. Publikasi yang sama juga menyebutkan angka produksi jeruk di Propinsi Jawa Timur pada tahun 2022 naik sebesar 45,3% dengan total jumlah produksi sebesar 11.944.888 ton. Jumlah produksi jeruk di Indonesia terbilang cukup besar dan melimpah sehingga sangat memungkinkan untuk memenuhi permintaan konsumen di pasar domestik. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen dalam melakukan pembelian buah jeruk lokal di Super indo Tlogomas dan Bendungan Sutami Kota Malang. 2) Untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian buah jeruk lokal di Super indo Tlogomas dan Bendungan Sutami Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di Super indo Tlogomas dan Bendungan Sutami Kota Malang. Pemilihan tempat ini dilakukan secara sengaja (purposive) alasan peneliti mengambil lokasi ini diantaranya karena lokasi yang berada dipusat kota malang, jarang diteliti oleh peneliti lain dan dekat dengan rumah peneliti. Pengambilan sampel menurut (Sugiyono, 2019) bahwa ukuran sampel yang layak dalam penelitian antara 30 sampai dengan 500. Bila dalam penelitian melakukan analisis dengan multivariate, maka jumlah anggota sampel minimal 10 kali dari jumlah variabel yang diteliti. Untuk penelitian eksperimen yang sederhana, maka jumlah anggota sampel masing-masing antara 10 sampai dengan 20. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan ukuran sampel menurut (Sugiyono, 2019) dimana analisis yang digunakan adalah multivariate dengan korelasi atau regresi berganda maka, jumlah anggota sampel diambil 20 kali dari jumlah variabel yang diteliti. Variabel dalam penelitian ini ada 5 (independen + dependen), maka jumlah anggota sampel = 20 X 5 variabel = 100. Sumber data yang digunakan pada penelitian adalah data primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian buah jeruk lokal. Dari hasil analisis yang dilakukan pada tahap pengenalan kebutuhan dimana konsumen membeli buah jeruk lokal dengan tujuan untuk sumber vitamin sebanyak 45%. Pada tahap pencarian informasi, konsumen buah jeruk lokal mendapat informasi berasal dari keluarga sebanyak 47%. Pada tahap pemilihan alternatif indikator yang menjadi pertimbangan konsumen adalah kualitas produk sebanyak 55%. Proses keputusan konsumen dalam membeli buah lokal sebagian besar dilakukan secara terencana sebanyak 73% Sedangkan untuk pasca pembelian, konsumen merasa puas ketika membeli buah jeruk lokal di Super Indo sebanyak 70%. Dari hasil analisis SEM diketahui bahwa harga (X1), produk (X2), promosi (X3) dan lokasi (X4) memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh saran Bagi para pelaku usaha untuk selalu memperhatikan bagaimana produk dari buah jeruk lokal itu sendiri tetap memiliki kualitas yang baik sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen sehingga dapat terus meningkatkan pembelian yang positif dari konsumen terhadap buah jeruk lokal. Bagi peneliti selanjutnya, penulis menyarankan untuk menambah faktor faktor lain seperti kualitas pelayanan, kualitas produk, citra merk, kemasan yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli buah jeruk lokal di Super indo Tlogomas dan Bendungan Sutami Kota Malang. Dengan demikian memberikan kontribusi yang baik untuk penelitian selanjutnya tentang keputusan pembelian. Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Buah Jeruk Lokal, Super Indo Tlogomas dan Bendungan Sutami Kota Malang
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10859
Collections
  • UT - Agribusiness

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group