View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Agriculture
  • UT - Agribusiness
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Agriculture
  • UT - Agribusiness
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Pemasran Buah Melon Devina (Studi Kasus : Cv. Puspa Agraria Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang)

Thumbnail
View/Open
Publish (2.047Mb)
Fulltext (4.629Mb)
Date
2024-09-15
Author
Hardiansyah, Ahmad Yoga
Metadata
Show full item record
Abstract
Melon merupakan tanaman yang berasal dari negara Afrika, memiliki iklim tropis, subtropis. Melon merupakan salah satu komoditi hortikultura yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi, karena mempunyai cita rasa, serta kandungan buah yang bermanfaat, dan menguntungkan untuk diusahakan sebagai sumber pendapatan petani. Salahsatau kebun buah melon yang mampu bertahan serta bersaing dipasar pada saat ini adalah CV.Puspa Agraria yang berlokasi di desa bedali, kecamatan lawang, kabupaten malang dimana rata-rata konsumen mulai dari anak-anak sampai orang tua. CV.Puspa Agraria memiliki beraneka varietas buah yaitu melon devina, hony globe, golden aroma. Dalam menghadapi fakta yang dihadapi menunjukan bahwa CV.Puspa Agraria telah berupaya membuat strategi pemasaran dan bentuk promosi yang lumayang menarik yang sangat berpengaruh pada peningkantan penjualan untuk meningkatkan laba. Akan tetapi dalam kenyataanya promosi yang dilakukan belum mencapai target dalam strategi pemasaranya. Sehingga mengakibatkan nilai penjualanya belum mencapai target. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan eksternal pada produk CV.Puspa Agraria dan merumuskan strategi pemasaran yang dilakukan agar dapat meningkatkan penjualan produk di CV.Puspa Agraria. Penelitian ini menggunakan Studi kasus menurut Krisyantono (2020), merupakan metode riset yang menggunakan berbagai sumber data yang dapat digunakan sebagai bahan riset, menguraikan, serta menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek individu, kelompok, suatu program, oreanisasi, atau peristiwa secara sistematis. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di CV.Puspa Agaraia, penentuan loksi penelitian ini dilakukan dengan sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa CV.Puspa Agraria merupakan salah satu tempat usaha pertanian yang bergerak dibidang produksi/penjualan, kegiatan penelitian ini dilakukan selama 1 bulan dimulai dari tanggal 11 januari 2024 sampai dengan 10 februari 2024. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan anlisis SWOT (strengths Weaknesses Opportunities Threats). Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling, yakni secara kebetulan siapa saja yang membeli produk CV.Puspa Agraria di desa bedali kecamatan lawang sebanyak 70 sempel. Data dikumpulkan melalui opservasi, wawancara, dan kuisioner. Dari kegiatan penelitian tersebut diperoleh hasil sebagai berikut, CV. Puspa Agrara dilihat dari faktor internal yaitu memiliki produk melon berkualitas dan memiliki tiga varietas buah yaitu buah melon Devina, Honey globe, dan golden aroma yang di kemas dengan rapi. Mereka juga memiliki tenaga kerja yang berpenampilan rapi dan memiliki pengetahuan product knowledge yang cukup sehingga dapat melayani konsumen dengan baik untuk meningkatkan penjualan produk. CV. Puspa Agraria juga melayani pembelian lewat online seperti Instagram, Whatsaapp, dan Facebook. Namun pelayanan CV. Puspa Agraria kurang stabil dikarnakan menejemen kurang maksimal dan ada juga beberapa kurangnya keseimbangan nutrisi dalam pertumbuhan buah melon karena bedanya formulasi setiap varietas serta tidak setabilnya kondisi pasar begitupun juga haraga bahan baku semakin tinggi. Saran yang dapat diberikan kepada pihak CV.Puspa Agraria ini agar lebih meningkatkan lagi untuk melakukan promosis secara online maupun offline agar dapat meningkatkan penjualan yang lebih setabil. Disarankan untuk selalu menjaga kuliatas produk karena banyaknya perusahaan pesaing sejenis yang menawarkan produk yang sama sehingga customer tidak merasa bosan terhadap kualitas buah, guna mempertahankan positioning perusahaan, sehingga customer akan selalu setia kepada CV. Puspa Agraria dalam memenuhi kebutuhanya. Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Buah Melon Devina
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10864
Collections
  • UT - Agribusiness

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group