Strategi Pemasran Buah Melon Devina (Studi Kasus : Cv. Puspa Agraria Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang)
Abstract
Melon merupakan tanaman yang berasal dari negara Afrika, memiliki iklim tropis, subtropis. Melon merupakan salah satu komoditi hortikultura yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi, karena mempunyai cita rasa, serta kandungan buah yang bermanfaat, dan menguntungkan untuk diusahakan sebagai sumber pendapatan petani. Salahsatau kebun buah melon yang mampu bertahan serta bersaing dipasar pada saat ini adalah CV.Puspa Agraria yang berlokasi di desa bedali, kecamatan lawang, kabupaten malang dimana rata-rata konsumen mulai dari anak-anak sampai orang tua. CV.Puspa Agraria memiliki beraneka varietas buah yaitu melon devina, hony globe, golden aroma. Dalam menghadapi fakta yang dihadapi menunjukan bahwa CV.Puspa Agraria telah berupaya membuat strategi pemasaran dan bentuk promosi yang lumayang menarik yang sangat berpengaruh pada peningkantan penjualan untuk meningkatkan laba. Akan tetapi dalam kenyataanya promosi yang dilakukan belum mencapai target dalam strategi pemasaranya. Sehingga mengakibatkan nilai penjualanya belum mencapai target. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan eksternal pada produk CV.Puspa Agraria dan merumuskan strategi pemasaran yang dilakukan agar dapat meningkatkan penjualan produk di CV.Puspa Agraria.
Penelitian ini menggunakan Studi kasus menurut Krisyantono (2020), merupakan metode riset yang menggunakan berbagai sumber data yang dapat digunakan sebagai bahan riset, menguraikan, serta menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek individu, kelompok, suatu program, oreanisasi, atau peristiwa secara sistematis.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di CV.Puspa Agaraia, penentuan loksi penelitian ini dilakukan dengan sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa CV.Puspa Agraria merupakan salah satu tempat usaha pertanian yang bergerak dibidang produksi/penjualan, kegiatan penelitian ini dilakukan selama 1 bulan dimulai dari tanggal 11 januari 2024 sampai dengan 10 februari 2024. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan anlisis SWOT (strengths Weaknesses Opportunities Threats). Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Accidental Sampling, yakni secara kebetulan siapa saja yang membeli produk CV.Puspa Agraria di desa bedali kecamatan lawang sebanyak 70 sempel. Data dikumpulkan melalui opservasi, wawancara, dan kuisioner.
Dari kegiatan penelitian tersebut diperoleh hasil sebagai berikut, CV. Puspa Agrara dilihat dari faktor internal yaitu memiliki produk melon berkualitas dan memiliki tiga varietas buah yaitu buah melon Devina, Honey globe, dan golden aroma yang di kemas dengan rapi. Mereka juga memiliki tenaga kerja yang berpenampilan rapi dan memiliki pengetahuan product knowledge yang cukup sehingga dapat melayani konsumen dengan baik untuk meningkatkan penjualan produk. CV. Puspa Agraria juga melayani pembelian lewat online seperti Instagram, Whatsaapp, dan Facebook. Namun pelayanan CV. Puspa Agraria kurang stabil dikarnakan menejemen kurang maksimal dan ada juga beberapa kurangnya keseimbangan nutrisi dalam pertumbuhan buah melon karena bedanya formulasi setiap varietas serta tidak setabilnya kondisi pasar begitupun juga haraga bahan baku semakin tinggi.
Saran yang dapat diberikan kepada pihak CV.Puspa Agraria ini agar lebih meningkatkan lagi untuk melakukan promosis secara online maupun offline agar dapat meningkatkan penjualan yang lebih setabil. Disarankan untuk selalu menjaga kuliatas produk karena banyaknya perusahaan pesaing sejenis yang menawarkan produk yang sama sehingga customer tidak merasa bosan terhadap kualitas buah, guna mempertahankan positioning perusahaan, sehingga customer akan selalu setia kepada CV. Puspa Agraria dalam memenuhi kebutuhanya.
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Buah Melon Devina