Implementasi Program Keagamaan dalam Membentuk Nilai Karater Disiplin pada Siswa di MI Miftahul Huda Kabupaten Malang
Abstract
Program keagamaan merupakan suatu rencana yang sudah di rancang
dengan matang dengan tujuan untuk mewujudkan suasana keagamaan di
sekolah/madrasah yang dapat dilakukan melalui pendekatan pembiasaan,
keteladanan, dan pendekatan persuasif atau mengajak peserta didik dengan cara
yang halus dengan alasan yang baik yang bisa meyakinkan mereka.
MI Miftahul Huda menerapkan pembiasaan amaliyah Islam yang
terprogram dan sistematis dalam membentuk nilai karakter disiplin pada siswasiswi, agar mereka terbiasa dengan beban yang di wajibkan sebagai pelajar. Maka
dari sini pentingnya program keagamaan dikembangkan dengan melakukan
inovasi seluruh kegiatan keagamaan guna untuk menentukan keberhasilan siswa
di MI Miftahul Huda dan sebagai peningkatan kedisiplinan siswa MI Miftahul
Huda.
Dari konteks penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah yaitu:
1) Bagaimana konsep program keagamaan dalam membentuk nilai karakter
disiplin siswa MI Miftahul Huda ? 2) Bagaimana implementasi program
keagamaan dalam membentuk nilai karakter disiplin siswa di MI Miftahul Huda ?
3) Bagaimana evaluasi program keagamaan dalam membentuk nilai karakter
disiplin siswa di MI Miftahul Huda ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1)
Untuk mendeskripsikan konsep program keagamaan dalam membentuk nilai
karakter disiplin siswa di MI Miftahul Huda. 2) Untuk mendeskripsikan
implementasi program keagamaan dalam membentuk nilai karakter disiplin siswa
di MI Miftahul Huda. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi program keagamaan
dalam membentuk nilai karakter disiplin siswa di MI Miftahul Huda.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pendekatan penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi
kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman
dengan jenis analisis induktif yang prosesnya melalui Data Reduction,Data
Display, Conclusion Drawing/ verification. Dalam menguji keabsahan data
menggunakan triangulasi.
Kesimpulan dari hasil penelitian di MI Miftahul Huda bahwasannya
konsep program keagamaan di MI Miftahul Huda Kabupaten Malang memiliki
beberapa kegiatan keagamaan dan sebagai pembiasaan diantaranya: sholat dhuha
dan dhuhur berjama’ah, membaca surah yasin, waqi’ah, al-Mulk, kultum dan
pembacaan asmaul husnah. Dalam Implementasi kegiatan keagamaan ada
beberapa faktor yang mempengerahu yaitu: a) faktor pendukung, diantaranya
sarana prasarana, keluarga, dan guru yang ditugaskan menjadi imam dalam
kegiatan keagamaan. b) faktor penghambat, diantaranya adanya faktor lingkungan
sekolah dan lingkungan masyarakat. Adapun evaluasi dalam program keagamaan
yang dilakukan guru MI Miftahul Huda Kabupaten Malang dengan menggunakan
tiga tahap penilaian yaitu: penilaian spiritual yang dapat dibuktikan dengan
beribadah kepada Allah Swt, penilaian sikap dibuktikan dengan cara observasi
setiap harinya di lingkungan sekolah dan penilaian pengetahuan dibuktikan
dengan cara praktik. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan adanya program
keagamaan di MI Miftahul Huda dapat membentuk nilai karakter disiplin pada
siswa sehingga program keagamaan ini di implementasikan sesuai dengan visi
yang telah di buat.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu untuk kedepannya
MI Miftahul Huda Kabupaten Malang dapat mengembangkan lebih baik tentang
implementasi program keagamaan dan dapat memadukan aspek positif dari
beberapa kegiatan keagamaan yang sudah ada agar bisa maju mencapai kinerja MI
Miftahul Huda yang lebih baik dan dengan hasil yang memuaskan.