Show simple item record

dc.contributor.authorNurfa, Tonny Rahman
dc.date.accessioned2025-03-15T03:47:35Z
dc.date.available2025-03-15T03:47:35Z
dc.date.issued2024-05-15
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11325
dc.description.abstractNurfa Tonny Rahman, 2023, NPM: 21701091021, Pengaruh Kualitas Pelayanan Kantor Biro Administrasi Kemahsiswaan, Alumni Dan Keagamaan Unisma Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa FIA UNISMA Angkatan 2019). Dr, H. Slamet Muchsin, M,Si. Pembimbing utama, Suyeno, S,Sos., M,AP. Pembimbing dua. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kantor biro administrasi kemahsiswaan, alumni dan keagamaan unisma terhadap kepuasan mahasiswa, dengan uraian permasalahan yaitu : 1) Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan Kantor Biro Administrasi Kemahasiswaan, bidang kemahasiswaan terhadap kepuasan mahasiswa FIA Unisma Angkatan 2019?. 2) Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan Kantor Biro Administrasi Kemahasiswaan, Bidang Alumni terhadap kepuasan mahasiswa FIA Unisma Angkatan 2019?. 3) Apakah ada pengaruh kualitas pelayanan Kantor Biro Administrasi Kemahasiswaan, bidang Keagamaan terhadap kepuasan mahasiswa FIA Unisma Angkatan 2019 ?. 4)Apakah pengaruh yang signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan dan pegawai kantor Biro Administrasi Kemahasiswaan, Bidang kemahasiswaan, Alumni Dan Keagamaan Unisma terhadap kepuasan mahasiswa FIA unisma angkatan 2019. Sementara itu, penelitian ini dilihat dari teori (Tjiptono 2010) yang mengatakan bahwa kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan tersebut untuk memenuhi keinginan pelanggan. Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh penliti yaitu deskriptif kuantitatif, dengan fokus indikator sebagai berikut : 1) Bukti fisik (tangibles), 2) Keandalan (reliability), 3) Daya Tanggap (responsiveness), 4) Jaminan (assurance), 5) Empati (Empathy). Hasil penelitian ini yaitu : 1) kualitas pelayanan pegawai bidang kemahasiswaan (X1) berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. 2) kualitas pelayanan pegawai bidang alumni (X2) berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. 3) kualitas pelayanan pegawai bidang keagamaan (X3) berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. 4) kualitas pelayanan kemahasiswaan, alumni dan keagamaan (X4) berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. 5) Berdasarkan pengujian pada uji F dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara kualitas pelayanan pegawai bidang kemahasiswaan (X1), kualitas pelayanan pegawai bidang alumni (X2), kualitas pelayanan pegawai bidang keagamaan (X3) dan kualitas pelayanan kemahasiswaan, alumni dan keagamaan (X4) terhadap kepuasan mahasiswa. Kata Kunci : Kualitas pelayanan, Kepuasanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKualitas pelayananen_US
dc.subjectKepuasanen_US
dc.titlePengaruh Kualitas Pelayanan Kantor Biro Administrasi Kemahsiswaan, Alumni dan Keagamaan Unisma Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa FIA UNISMA Angkatan 2019)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record