Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang
Abstract
Pelayanan publik merupakan suatu kebutuhan pokok dalam negara dan menjadi satu hal yang melekat sebagai hak masyarakat. Seperti yang kita tahu bahwa tujuan utama dari pelayanan publik salah satunya adalah kepuasan masyarakat. Dalam melakukan pelayanan, penyelenggara pelayanan tidak luput dari adanya kesalahan yang dapat menyebabkan pelayanan tersebut dapat dikatakan buruk. Berangkat dari persoalan tersebut, penulis meneliti dengan menganalisis Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan publik di kantor Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang dimana belum dilakukan secara rutin di instansi tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan indikator teori dari Lupiyoadi dan menggunakan acuan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei, kuesioner, dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang berada pada pelayanan KK, E-KTP, Surat Keterangan Pindah Dan Datang, Surat Keterangan Ahli Waris, Legalisasi Model C, Legalisasi SKCK, dan pelayanan Surat Keterangan/Rekomendasi diperoleh kategori “Baik” dan pada pelayanan Surat Keterangan Pencari Kerja (KARTUKUNING) diperoleh kategori “Sangat Baik” yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata IKM dengan 5 indikator. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang dapat dikatakan baik dengan adanya rata-rata kategori setiap pelayanan yang terdapat di Kantor Kecamatan Pakisaji. Akan tetapi perlu adanya perbaikan di pelayanan yang memiliki nilai indikator terendah. Maka dari itu penulis memberikan saran untuk lebih rutin pada Kantor Kecamatan Pakisaji melakukan survey kepuasan masyarakat untuk dapat dilihat dilihat nilai Indeks Kepuasan Masyarakat guna mengetahui perkembangan dan perbaikan kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang setiap tahunnya.
Kata kunci: Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat