View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik di Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang

Thumbnail
View/Open
publish (1.475Mb)
fulltext (6.960Mb)
Date
2024-01-13
Author
Nendis, Habibah Ayu
Metadata
Show full item record
Abstract
Pelayanan publik merupakan suatu kebutuhan pokok dalam negara dan menjadi satu hal yang melekat sebagai hak masyarakat. Seperti yang kita tahu bahwa tujuan utama dari pelayanan publik salah satunya adalah kepuasan masyarakat. Dalam melakukan pelayanan, penyelenggara pelayanan tidak luput dari adanya kesalahan yang dapat menyebabkan pelayanan tersebut dapat dikatakan buruk. Berangkat dari persoalan tersebut, penulis meneliti dengan menganalisis Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan publik di kantor Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang dimana belum dilakukan secara rutin di instansi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan indikator teori dari Lupiyoadi dan menggunakan acuan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik survei, kuesioner, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang berada pada pelayanan KK, E-KTP, Surat Keterangan Pindah Dan Datang, Surat Keterangan Ahli Waris, Legalisasi Model C, Legalisasi SKCK, dan pelayanan Surat Keterangan/Rekomendasi diperoleh kategori “Baik” dan pada pelayanan Surat Keterangan Pencari Kerja (KARTUKUNING) diperoleh kategori “Sangat Baik” yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata IKM dengan 5 indikator. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan publik di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang dapat dikatakan baik dengan adanya rata-rata kategori setiap pelayanan yang terdapat di Kantor Kecamatan Pakisaji. Akan tetapi perlu adanya perbaikan di pelayanan yang memiliki nilai indikator terendah. Maka dari itu penulis memberikan saran untuk lebih rutin pada Kantor Kecamatan Pakisaji melakukan survey kepuasan masyarakat untuk dapat dilihat dilihat nilai Indeks Kepuasan Masyarakat guna mengetahui perkembangan dan perbaikan kualitas pelayanan di Kantor Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang setiap tahunnya. Kata kunci: Pelayanan, Indeks Kepuasan Masyarakat
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11340
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group