Efektivitas Implementasi Program Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi Kasus di Desa Kebonwaris Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur)
Abstract
Dalam era globalisasi seperti saat ini teknologi informasi menjadi kunci penting dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, terutama dalam meningkatkan aksesibilitas, kualitas dan kecepatan pelayanan administrasi kependudukan. Pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini mempengaruhi masyarakat dan pemerintahan, yang di mana dapat mendorong pemerintah untuk menyediakan layanan berbasis teknologi informasi guna memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan bebas biaya. Oleh karena itu, pemerintah melakasanakan Program Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) untuk memberikan pelayanan administrasi yang lebih efisien dan efektif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di Desa Kebonwaris. Fokus dalam penelitian ini ada 3 (tiga) yaitu potrait program aplikasi IKD, efektivitas program aplikasi IKD, dan kendala yang terjadi dalam program aplikasi IKD yang bertujuan untuk mendeskripsikan Efektivitas Implementasi Program Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Kebonwaris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data oleh Miles – Huberman. Uji kredibilitas dalam penelitian kualitatif dapat dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, analisis kasus negatif, dan membercheck.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dapat diketahui bahwasannya Implementasi Program Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Desa Kebonwaris sudah cukup efektif. Dalam hal ini ditandai dengan terpenuhinya indikator efisiensi, kecukupan, kesamaan atau pemerataan, responsivitas, dan kelayakan atau ketepatan. Terdapat 3 (tiga) indikator yang sudah terpenuhi yaitu pertama efisisensi dimana aplikasi IKD dapat meningkatkan efisiensi dalam pengurusan dokumen dengan mempermudah proses administrasi, kedua kecukupan dalam hal ini aplikasi IKD dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menyediakan dokumen pribadi dan kependudukan dalam satu platform, dan ketiga kelayakan atau ketepatan dalam hal ini aplikasi IKD memiliki tingkat kelayakan keamanan yang andal dengan system perlindungan data yang ketat. Namun, terdapat pula 2 (dua) indikator yang belum terpenuhi yakni pertama kesamaan atau pemerataan dalam hal ini kebijakan aplikasi IKD masih belum merata di masyarakat, karena kurangnya sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi IKD dan kedua responsivitas dalam hal ini antusiasme masyarakat masih rendah karena literasi digital masyarakat juga masih tergolong rendah.
Kata Kunci: Efektivitas, Program Aplikasi IKD, Pelayanan Administrasi Kependudukan