View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Business Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Business Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan

Thumbnail
View/Open
publish (2.056Mb)
fulltext (2.782Mb)
Date
2022-01-18
Author
Safitri, Intan Bunga
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relationship marketing (kepercayaan, komitmen, komunikasi, penanganan keluhan) terhadap loyalitas pelanggan dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner dan observasi. Jumlah sampel digunakan 130 pelanggan menggunakan metode analisi regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan < yaitu -2,048 < 1,979 dan tingkat singnifikan 0,043 < 0,05 variabel kepercayaan berpengaruh negative signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Uji < yaitu 4,455 > 1,979 dan tingkat singnifikan 0,000 < 0,05 variabel komitmen berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Uji < yaitu -0,833 < 1,979 dan tingkat singnifikan 0,407 < 0,05 variabel komunikasi tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Uji < yaitu 4,976 > 1,979 dan tingkat singnifikan 0,000 < 0,05 variabel penanganan keluhan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Uji F terdapat pengaruh simultan variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi, penanganan keluhan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan hasil ini ditunjukan dengan uji F diperoleh > yaitu 13,066 > 2,44 dan sig. F 0,000 < 0,05. Uji koefisien determinasi (Adjusted R Square) bahwa variabel terikat loyalitas pelanggan (Y) mampu dijelaskan 27,2% oleh variabel bebas kepercayaan (X1), komitmen (X2), komunikasi (X3), penanganan keluhan (X4). Sedangkan sisanya 72,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa variabel yang berpengaruh dominan adalah penanganan keluhan ditunjukan dengan nilai koefisien beta paling besar yaitu 0,385.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11669
Collections
  • UT - Business Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group