View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektivitas Pelayanan Publik Sebagai Upaya Mewujudkan Tertib Administrasi (Studi Pada Desa Jedong Kecamatan Wagir Kabupaten Malang)

Thumbnail
View/Open
publish (1.947Mb)
fulltext (2.257Mb)
Date
2022-01-18
Author
Setiawan, Agung Dwi
Metadata
Show full item record
Abstract
Administrasi kependudukan sebagai suatu sistem diharapkan dapat diselenggarakan sebagai bagian dari penyelenggara administrasi negara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pelayanan publik sebagai upaya tertib administrasi dan faktor pendukung dan penghambat efektivitas pelayanan publik sebagai upaya tertib administrasi di Desa Jedong Kecamatan Wagir Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan fokus pada penilaian efektivitas pelayanan publik sebagai upaya tertib administrasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interaktif model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan pengambilan kesimpulan (drawing and verifying conclusion). Hasil analisis dapat diketahui bahwa pelayanan publik sebagai upaya tertib administrasi dapat dikatakan efektif, hal tersebut dapat ditunjukkan dengan sistem atau tata cara yang ditetapkan dalam menyelesaikan aktivitas tertib administrasi, adanya upaya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan adanya dukungan sumber daya, dana maupun sarana dan prasarana, adanya kecenderungan menunjukkan peningatan masyarakat yang melakukan kepengurusan tertib administrasi dan dalam memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan teratur. Faktor pendukung efektivitas pelayanan publik sebagai upaya tertib administrasi yaitu adaya fasilitas atau sarana dan prasarana yang memadai serta kualitas sumber daya manusia yang memberikan pelayanan. Faktor yang menghambat atas pelayanan yang diberikan yaitu belum adanya kesiapan masyarakat ketika melakukan kepengurusan misalnya kurang persyaratan yang harus dipenuhi dan adanya penguasaan dalam pemanfaatan teknologi.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/11673
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group