Implementasi Digital Marketing Untuk Meminimalisir Risiko Kredit Pada Jasa Keuangan
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar penerapan digitalisasi dalam Koperasi Simpan Pinjam Berkah Sesama Jatim yang meliputi sentralisasi sistem terpusat dimana seluruh data Unit Simpan Pinjam (USP) yang tersebar di seluruh Jawa Timur memiliki basis data terpusat yang berlokasi di Kota Malang, sehingga pemantauan dan analisa data lebih mudah dilakukan dan dari hal tersebut dimungkinkan untuk penerapan digital marketing dengan proses terpusat dan terpantau serta meningkatkan kualitas layanan di Koperasi Simpan Pinjam Berkah Sesama Jatim.
Pendekatan kualitatif digunakan dalam proses penggalian data dalam
penelitian ini. Penelitian ini termasuk tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini
menggunakan teknik penggalian data berupa wawancara semi terstruktur dan
dokumentasi yang diambil dalam bentuk foto. Lokasi penelitian ini dilakukan di Koperasi Simpan Pinjam Berkah Sesama Jatim yang beralamat di Jalan Simpang Panji Suroso Blok C 6-7 Malang. Proses analisis data dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data diperiksa dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koperasi Simpan Pinjam Berkah Sesama Jatim mengalami peningkatkan kualitas layanan pada sosial media sehingga dapat meminimalisir risiko kredit sepanjang tahun 2020 hal ini disebabkan pandemi Covid-19 yang berakibat meningkatkan digitalisasi di Indonesia.