dc.description.abstract | Penelitian yang dibuat ini bertujuan pertama, yakni untuk memenuhi salah satu
persyaratan kelulusan. Dan yang kedua, yakni untuk mengetahui bagaimana pengaruh
dan seberapa besar pengaruh Harga, Promosi Melalui Media Sosial, dan Kualitas
Produk terhadap Keputusan Pembelian, untuk mengetahui kontribusi naik turunnya
variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) dan untuk mengetahui variabel yang
berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian adalah
kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Jumlah
sampel yang digunakan 100 responden yang diolah menggunakan IBM SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketiga variable penelitian berpengaruh
secara parsial yakni dengan ketentuan pengaruh signifikansi yang sudah di uji dengan
spss yang menunjukan masing-masing angka pada variable berikut: thitung > ttabel yaitu
3.835 > 1.985 dan tingkat signifikan 0.000 < 0.05 variabel harga berpengaruh
signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Uji thitung > ttabel yaitu 2.745 >
1.985 dan tingkat signifikan 0.007 < 0.05 variabel promosi melalui media sosial
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji thitung > ttabel yaitu 5.162 >
1985 dan tingkat signifikan 0.000 < 0.05 variabel kualitas produk berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian pengujian secara simultan yang
dapat dilihat dari nilai F variabel harga, promosi melalui media sosial, dan kualitas
produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil ini ditunjukkan
dengan Uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 55.324 > 2.70 dan Sig. F 0.000 < 0.05. Uji
koefisien determinasi (Adjusted R Square) bahwa variabel terikat keputusan
pembelian (Y) mampu dijelaskan 62,2% oleh variabel bebas harga (X1), promosi
melalui media sosial (X2), dan kualitas produk (X3). Sedangkan sisanya 37,8%
dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji
analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa variabel yang berpengaruh
dominan kualitas produk ditunjukkan dengan nilai koefisien beta paling besar yaitu
0.445. | en_US |