Pengaruh Religiusitas, Love of Money, Machiavellian, dan Pendidikan Etika Bisnis terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Religiusitas, Love of
Money, Machiavellian, dan Pendidikan Etika Bisnis Terhadap Persepsi Etis Mahasiswa
Akuntansi. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program studi Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang angkatan 2016. Sampel dipilih
menggunakan purposive sampling dan perhitungan jumlah sampel menggunakan
rumus slovin lalu diperoleh sebanyak 134 mahasiswa berdasarkan kriteria yang
ditetapkan. Penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa religiusitas, love of money, machiavellian, dan pendidikan
etika bisnis berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi.
Religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi.
Love of money tidak berpengaruh terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi.
Machiavellian berpengaruh negatif terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi.
Pendidikan etika bisnis berpengaruh positif terhadap persepsi etis mahasiswa
akuntansi.