Strategi Bauran Pemasaran 4p Pada Pedagang Kaki Lima (Pkl) (Studi Pada Pkl Sempol Di Sekitar Alun – Alun Kota Batu)
Abstract
Muhammad Faisal Dzaky, Strategi Bauran Pemasaran 4p Pada Pedagang Kaki Lima (PKL) (Studi Pada PKL Sempol Di Sekitar Alun – Alun Kota Batu. Dosen Pembimbing I Dr. Siti Saroh, M.Si, Dosen Pembimbing II Daris Zunaida S.AB., M.AB.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pada PKL Sempol di sekitar Alun – Alun Kota Batu menggunakan bauran pemasaran 4P. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Fokus dalam penelitian ini adalah beberapa pedagang Sempol yang berjualan di sekitar Alun-Alun Kota Batu dengan cara menggambarkan bauran 4P (Product, Price, Place and Promotion) serta juga mengidentifikasi faktor yang diterapkan pada PKL Sempol di sekitar Alun-Alun Kota Batu. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti dengan bantuan catatan lapangan, rekaman audio, foto, dan lain-lain. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang kaki lima (PKL) Sempol di Alun-Alun Kota Batu yang memanfaatkan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) untuk meningkatkan loyalitas konsumen. PKL berhasil memanfaatkan waktu strategis, menawarkan produk berkualitas dengan harga transparan, dan menggunakan promosi dengan menawarkan produk ke pelanggan secara langsung. Meskipun penggunaan media sosial minim, interaksi langsung menciptakan kedekatan dengan konsumen. Adaptasi terhadap kebutuhan pasar dan penyesuaian penawaran, seperti diskon, turut mendukung keberhasilan dan keberlanjutan usaha PKL di masa depan.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Pedagang Kaki Lima (PKL), Bauran Pemasaran 4P