Implementasi Strategi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada UMKM Onotaki Kota Malang)
Abstract
Arista Arroyan, 2024, Implementasi Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada UMKM Onotaki Kota Malang). Dosen Pembimbing I Dariz Zunaida S.AB., M.,AB dan Dosen Pembimbing II Ainul Chanafi, S.AB., M.A
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi digital marketing dalam meningkatkan penjualan studi pada UMKM Onotaki. Metode penelian dengan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dookumentasi. Intrumen penelitian menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan lain-lain.
Hasil Penelitian yang didapatkan bahwa implementasi digital marketing yang dilakukan pada UMKM Onotaki dapat meningkatkan penjualan dikarenakan konsumen dapat dipermudah dalam mencari informasi dan pembelian pada UMKM Onotaki, namun terdapat kendala yang dialami oleh UMKM onotaki yaitu pada kendala internal sumber daya manusia, perekrutan pegawai, tempat. Kendala eksternal pada UMKM Onotaki yaitu banyak pesaing sejenis, dan biaya dalam penggunaan platform.
Kata Kunci : Digital Marketing, Marketplace , SEO, Media Sosial