Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Emina
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh electronic word of mouth, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian produk Emina pada Mahasiswa Universitas Islam Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UNISMA yang menggunakan produk Emina. Sampel penelitian ditentukan dengan non probability sampling teknik purposive sampling dengan rumus Slovin yang didapatkan sejumlah 99 sampel penelitian. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan penyebaran kuesioner. Teknikanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, yaitu digunakan untuk memeriksa kuatnya hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji f (simultan) dan uji t (parsial).
Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan electronic word of mouth, kualitas produk, dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Emina pada Mahasiswa Universitas Islam Malang. Selanjutnya hasil regresi linear berganda dan uji t menunjukkan bahwa komunikasi electronic word of mouth dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Emina pada Mahasiswa Universitas Islam Malang. Sedangkan kualitas produk berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk Emina pada Mahasiswa Universitas Islam Malang. Hasil uji determinasi menunjukkan proporsi sebesar 43,4%, dimana keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh electronic word of mouth, kualitas produk, dan harga. Disarankan kepada peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti keputusan pembelian menggunakan metodologi yang lain dikarenakan adanya kemungkinan bias terhadap jawaban responden dalam kuesioner.