Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Salad Buah Pada Umkm Salad Pilih
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar terjadinya isu lingkungan global yaitu pemanasan global. Adanya isu tersebut mempengaruhi tingkat kepedulian berbagai pihak terhadap kelestarian lingkungan, baik pemerintah dan masyarakat bekerjasama dalam mencari solusi untuk meminimalisir dampak negatif globalisasi. Selain itu perusahaan juga berperan menyeimbangkan pasar dan mengatur kriteria yang saling bertentangan antara kepentingan perusahaan dalam meningkatkan keuntungan dan kepentingan umum.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung variabel green marketing terhadap keputusan pembelian produk salad buah pada UMKM Salad Pilih. Selain itu juga menganalisis pengaruh langsung variabel brand image terhadap keputusan pembelian produk salad buah pada UMKM Salad Pilih. Serta menganalisis pengaruh secara simultan variabel green marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian produk salad buah pada UMKM Salad Pilih.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel probability karena diperlukan kesempatan yang sama pada populasi untuk dijadikan sampel. Sehingga diperoleh sampel sejumlah 171 responden. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada konsumen salad buah di UMKM Salad Pilih yang telah membeli langsung di outlet dan terdaftar sebagai member. Kemudian dilakukan uji instrumen data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji ketepatan model.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji-t variabel green marketing menolak hipotesis nol (Ho) dan mendukung hipotesis alternatif (Ha) yang menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial green marketing pada keputusan pembelian. Hasil uji-t variabel brand image menolak hipotesis nol (Ho) dan mendukung hipotesis alternatif (Ha) yang menunujukkan adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial brand image pada keputusan pembelian. Hasil uji f pada variabel green marketing dan brand image secara simultan menunjukkan menolak hipotesis nol (Ho) dan mendukung hipotesis alternatif (Ha).
Kesimpulan yang diperoleh adalah green marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand image memiliki pengaruh signifikan pada keputusan pembelian. Selain itu, green marketing dan brand image juga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Saran dari peneliti untuk UMKM Salad Pilih, sebaiknya UMKM Salad Pilih mengembangkan promosi ramah lingkungan di aspek selain green product diantaranya green price, green place dan green promotion.