Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Internet Banking (Pengguna Mobile Banking Masyarkat Surabaya). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling aksidental. sampling insidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan/ insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan SPSS versi 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel penggunan secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,001˂0,05. Variabel persepsi kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable penggunaan secara parsial dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,018˂0,05. Variabel persepsi kemudahan, persepsi kegunaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variable penggunaan secara simultan dibuktikan dengan nilai Fhitung ˃ Ftable (91,293 ˃0,1984).