Pengaruh Profitabilitas, Size, Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas, Size dan
Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social
Responsibility sebagai variabel pemoderasi pada perusahaan manfaktur yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode Analisis yang digunakan
adalah regresi linier berganda dan untuk variabel moderating menggunakan
metode absolut residual. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 63
perusahaan selama periode penelitian 2016-2018 dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa
Profitabilitas, Size berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan,
Kepemilikan Manajerial tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap Nilai
Perusahaan, CSR berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan,
dan CSR tidak mampu memoderasi hubungan antara Profitabilitas, Size, dan
Kepemilikan Manajerial terhadap Nilai Perusahaan.