Show simple item record

dc.contributor.authorSa’idah, Nilna Masrurotus
dc.date.accessioned2020-12-23T04:15:15Z
dc.date.available2020-12-23T04:15:15Z
dc.date.issued2020-08-10
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1219
dc.description.abstractRendahnya pencapaian prestasi matematika peserta didik menjadi masalah dalam dunia pendidikan. Hal ini disebabkan pemilihan media pembelajaran yang tidak mendukung. Oleh sebab itu, pengembangan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, serta dapat meningkatkan daya tarik peserta didik sangat dibutuhkan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan terhadap guru matematika dan peserta didik kelas VII MTs. An-Nur Bululawang diperoleh 91% guru dan 82,37% peserta didik setuju dengan adanya pengembangan media pembelajaran baru yang berupa video animasi pembelajaran. Secara umum, pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi pembelajaran bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada materi bangun datar segi empat kelas VII. Sedangkan secara rinci, tujuan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, hasil pengembangan, dan hasil uji coba pengembangan video animasi pembelajaran bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada materi bangun datar segi empat kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan metode penelitian model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan dissemination. Tahap define (pendefinisian) adalah tahap permasalahan awal pengembangan video animasi pembelajaran melalui analisis kebutuhan sekolah. Tahap design (perancangan) merupakan tahap perancangan video animasi pembelajaran dan tahap perancangan instrumen pengumpulan data. Tahap develop (pengembangan) merupakan tahap uji coba kepada empat validator, kemudian diujicobakan kepada sembilan peserta didik kelas VII MTs. An-Nur Bululawang. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian angket oleh para ahli serta pengguna dan data kualitatif diperoleh dari interpretasi hasil analisis data kuantitatif, serta komentar, saran dan kritik dari subjek uji coba. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini meliputi ahli materi, ahli media, ahli desain, praktisi dan pengguna. Tahap dissemination (penyebaran) merupakan tahap penyebaran produk yang dilakukan melalui akun media sosial. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk video animasi pembelajaran bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada materi bangun datar segi empat kelas VII valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dipaparkan dari hasil validasi empat validator dengan rata-rata 3,69 dengan kriteria “valid” untuk semua aspek dan hasil penilaian pengguna oleh sembilan peserta didik kelas VII dengan rata-rata 3,67 dengan kriteria “valid” untuk semua aspek.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectVideo Animasien_US
dc.subjectPPKen_US
dc.subject4Cen_US
dc.subjectHOTSen_US
dc.subjectBangun Datar Segi Empaten_US
dc.titlePengembangan Video Animasi Pembelajaran Bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record