Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII
Abstract
Rendahnya pencapaian prestasi matematika peserta didik menjadi masalah
dalam dunia pendidikan. Hal ini disebabkan pemilihan media pembelajaran yang
tidak mendukung. Oleh sebab itu, pengembangan media pembelajaran yang
kreatif, inovatif, serta dapat meningkatkan daya tarik peserta didik sangat
dibutuhkan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan terhadap guru
matematika dan peserta didik kelas VII MTs. An-Nur Bululawang diperoleh 91%
guru dan 82,37% peserta didik setuju dengan adanya pengembangan media
pembelajaran baru yang berupa video animasi pembelajaran.
Secara umum, pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media
pembelajaran berupa video animasi pembelajaran bermuatan PPK, 4C, dan HOTS
pada materi bangun datar segi empat kelas VII. Sedangkan secara rinci, tujuan
pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, hasil
pengembangan, dan hasil uji coba pengembangan video animasi pembelajaran
bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada materi bangun datar segi empat kelas VII.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan
menggunakan metode penelitian model 4D yang terdiri dari define, design,
develop, dan dissemination. Tahap define (pendefinisian) adalah tahap
permasalahan awal pengembangan video animasi pembelajaran melalui analisis
kebutuhan sekolah. Tahap design (perancangan) merupakan tahap perancangan
video animasi pembelajaran dan tahap perancangan instrumen pengumpulan data.
Tahap develop (pengembangan) merupakan tahap uji coba kepada empat
validator, kemudian diujicobakan kepada sembilan peserta didik kelas VII MTs.
An-Nur Bululawang. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan
kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian angket oleh para ahli serta
pengguna dan data kualitatif diperoleh dari interpretasi hasil analisis data
kuantitatif, serta komentar, saran dan kritik dari subjek uji coba. Subjek uji coba
dalam penelitian pengembangan ini meliputi ahli materi, ahli media, ahli desain,
praktisi dan pengguna. Tahap dissemination (penyebaran) merupakan tahap
penyebaran produk yang dilakukan melalui akun media sosial.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk video
animasi pembelajaran bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada materi bangun datar
segi empat kelas VII valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal
tersebut dipaparkan dari hasil validasi empat validator dengan rata-rata 3,69
dengan kriteria “valid” untuk semua aspek dan hasil penilaian pengguna oleh
sembilan peserta didik kelas VII dengan rata-rata 3,67 dengan kriteria “valid”
untuk semua aspek.