View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Teacher Training and Education
  • UT - Mathematic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII

Thumbnail
View/Open
Cover, Abstrak, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka (1.651Mb)
Date
2020-08-10
Author
Sa’idah, Nilna Masrurotus
Metadata
Show full item record
Abstract
Rendahnya pencapaian prestasi matematika peserta didik menjadi masalah dalam dunia pendidikan. Hal ini disebabkan pemilihan media pembelajaran yang tidak mendukung. Oleh sebab itu, pengembangan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, serta dapat meningkatkan daya tarik peserta didik sangat dibutuhkan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan terhadap guru matematika dan peserta didik kelas VII MTs. An-Nur Bululawang diperoleh 91% guru dan 82,37% peserta didik setuju dengan adanya pengembangan media pembelajaran baru yang berupa video animasi pembelajaran. Secara umum, pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi pembelajaran bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada materi bangun datar segi empat kelas VII. Sedangkan secara rinci, tujuan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, hasil pengembangan, dan hasil uji coba pengembangan video animasi pembelajaran bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada materi bangun datar segi empat kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan metode penelitian model 4D yang terdiri dari define, design, develop, dan dissemination. Tahap define (pendefinisian) adalah tahap permasalahan awal pengembangan video animasi pembelajaran melalui analisis kebutuhan sekolah. Tahap design (perancangan) merupakan tahap perancangan video animasi pembelajaran dan tahap perancangan instrumen pengumpulan data. Tahap develop (pengembangan) merupakan tahap uji coba kepada empat validator, kemudian diujicobakan kepada sembilan peserta didik kelas VII MTs. An-Nur Bululawang. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil penilaian angket oleh para ahli serta pengguna dan data kualitatif diperoleh dari interpretasi hasil analisis data kuantitatif, serta komentar, saran dan kritik dari subjek uji coba. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini meliputi ahli materi, ahli media, ahli desain, praktisi dan pengguna. Tahap dissemination (penyebaran) merupakan tahap penyebaran produk yang dilakukan melalui akun media sosial. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk video animasi pembelajaran bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada materi bangun datar segi empat kelas VII valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut dipaparkan dari hasil validasi empat validator dengan rata-rata 3,69 dengan kriteria “valid” untuk semua aspek dan hasil penilaian pengguna oleh sembilan peserta didik kelas VII dengan rata-rata 3,67 dengan kriteria “valid” untuk semua aspek.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1219
Collections
  • UT - Mathematic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group