Show simple item record

dc.contributor.authorHabibah, Siti Ummu
dc.date.accessioned2021-01-05T02:22:06Z
dc.date.available2021-01-05T02:22:06Z
dc.date.issued2020-11-26
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1316
dc.description.abstractSalah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa untuk menghadapi zaman di era 4.0 yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pada kemampuan berpikir kreatif matematis yang dimiliki oleh siswa, antara lain: motivasi belajar, lingkungan belajar, sikap positif, dan lain-lain. Dari beberapa faktor tadi salah satu yang mempengaruhi kemampuan kreatif matematis siswa yaitu sikap positif yang dimiliki oleh siswa atau bisa juga disebut resiliensi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa yang memiliki kegemaran bidang seni kaligrafi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian merupakan tiga siswa kelas IX SMP/MTs yang bertempat tinggal dan berstatus sebagai santri di Ma’had Tarbiyah Islamiyah Dar Al-Hikmah yang mengikuti ekstrakulikuler kaligrafi yang memiliki klasifikasi tingkat resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes, angket, dan wawancara. Intrumen pada penelitian ini menggunakan soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis, angket kemampuan berpikir kreatif matematis, dan wawancara. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Setelah diperoleh data yang valid, akan dilakukan analisis data yang kemudian menghasilkan kesimpulan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa yang memiliki kegemaran bidang seni kaligrafi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa yang memiliki kegemaran bidang seni kaligrafi sebagai berikut: (a) Subjek Pertama. ST memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir lancar, siswa mampu memikirkan lebih dari satu jawaban, siswa mampu vii memberikan jawaban menggunakan kreatifvitas sendiri; (2) Kemampuan berpikir luwes, siswa mampu memberikan jawaban sesuai dengan sudut pandangnya sendiri, siswa mampu merubah arah pemikiran; (3) Kemampuan berpikir orisinal, siswa mampu membuat kombinasi unik, siswa mampu membuat ungkapan baru; (4) Kemampuan berpikir memperinci, siswa mampu menjelaskan secara detail; (b) Subjek Kedua. SS memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir lancar, siswa mampu memberikan lebih dari satu jawaban, siswa memberikan saran sesuai pemikirannya; (2) Kemampuan berpikir luwes, siswa mampu memberikan jawaban sesuai pemikiran sendiri, siswa mampu berusaha merubah arah pemikiran; (c) Subjek Ketiga. SR memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sebagai berikut: (1) Kemampuan berpikir lancar, siswa mampu memikirkan lebih dari satu jawaban, siswa memikirkan saran sesuai pemikirannya secara matang; (2) Kemampuan berpikir luwes, siswa mampu memberikan jawaban sesuai pemikiran yang dimiliki, siswa mampu merubah arah pemikiran; (3) Kemampuan berpikir orisinal, siswa mampu membuat kombinasi yang unik, siswa kurang mampu membuat ungkapan baru; (4) Kemampuan berpikir memperinci, siswa kurang mampu menjelaskan secara detail.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kreatif Matematisen_US
dc.subjectResiliensi Matematisen_US
dc.titleKemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa Kelas IX di Ma’had Tarbiyah Islamiyah Dar Al Hikmah yang Memiliki Kegemaran Bidang Seni Kaligrafen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record