Show simple item record

dc.contributor.authorWidyanti, Fany P
dc.date.accessioned2021-01-05T02:25:47Z
dc.date.available2021-01-05T02:25:47Z
dc.date.issued2020-11-29
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1318
dc.description.abstractKemampuan komunikasi matematika merupakan suatu keterampilan penting dalam matematika yaitu kemampuan untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren kepada teman, guru, dan lainnya melalui bahasa lisan dan tulisan. Salah satu permasalahan yang dialami dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya kemampuan komunikasi. Hal tersebut dikarenakan guru kurang memberikan latihan soal terkait dengan kemampuan komunikasi matematika kepada peserta didik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang, terlihat beberapa peserta didik masih kesulitan dalam mengkomunikasikan soal ke dalam bentuk model matamatika. Hal tersebut dapat dilihat bahwa peserta didik yang memenuhi nilai KKM hanya 60,86%. Hal ini pun tak terlepas dari bagaimana gaya belajar peserta didik dalam memahami dan mencerna materi yang disampaikan oleh guru. Perbedaan gaya belajar tiap individu menghasilkan output yang berbeda pula dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan cara-cara peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematika dan (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematika ditinjau dari gaya belajar peserta didik.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah tes, angket, dan wawancara. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, kuisioner, dan pedoman wawancara. Soal tes dan kuisioner diberikan kepada 23 peserta didik yang selanjutnya dipilih 6 subjek untuk dilakukan wawancara, yaitu subjek yang memiliki pola jawaban soal teskemampuan komunikasinya cenderung salah yang memiliki vii keunikan/kekhasan berbeda dibanding dengan subjek lainnya dan berdasarkan klasifikasi gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tes kemampuan komunikasi matematika adalah: (a) menuliskan notasi matematika yang diketahui secara rinci dari soal kemudian saling mengaitkannya untuk dikembangkan menjadi solusi matematika, (b) menuliskan informasi yang ada pada soal secara rinci kemudian mengaitkan dengan aturan dasar matematika yang selanjutnya untuk dikembangkan untuk menjawab pertanyaan soal, (c) menuliskan terlebih dahulu pemasalahan pada soal dalam bentuk model matematika, kemudian menggunakan rumus turunan untuk menyelesaikannya, (d) menggambar keterangan pada soal dan mendefinisikan keterangan gambar yang selanjutnya menentukan konsep awal untuk mendefinisikan solusi dari permasalahan dan menjelaskan prosedur penyelesaian. (2) Tingkat kemampuan komunikasi matematika ditinjau dari gaya belajar peserta didik adalah: (a) kemampuan komunikasi matematika peserta didik dengan gaya belajar visual sebanyak 11 orang dengan persentase jumlah 47,82% memperoleh nilai ratarata 80,45 (kategori tinggi), (b) kemampuan komunikasi matematika peserta didik dengan gaya belajar auditorial sebanyak 8 orang dengan persentase jumlah 34,78% memperoleh nilai rata-rata 68,75 (kategori rendah), dan (c) kemampuan komunikasi matematika peserta didik dengan gaya belajar kinestetik sebanyak 4 orang dengan persentase jumlah 17,4% memperoleh nilai rata-rata 75,25 (kategori sedang).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKemampuan Komunikasi Matematikaen_US
dc.subjectPembelajaran Daringen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Komunikasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Materi Turunan Kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record