Efektivitas Program Corporate Social Responsibility terhadap Pengembangan UMKM (Studi Kasus pada CSR PT. Amman Mineral Nusa Tenggara)
Abstract
Pendekatan kualitatif digunakan dalam proses penggalian data dalam penelitian ini. Penelitian ini termasuk tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik penggalian data berupa wawancara semi terstruktur, pengamatan, dan dokumentasi yang diambil dalam bentuk audio maupun foto. Lokasi penelitian ini dilakukan di lembaga ekternal perusahaan (CSR) department community development PT. Amman Mineral Nusa Tenggara. Proses analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data diperiksa dengan menggunakan teknik triagulasi sumber.
Penelitian ini dilakukan atas dasar keterlibatan langsung perusahaan dalam mengembangakan ekonomi masyarakat lokal melalui program corporate social responsibility atau tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat lokal dalam menciptakan ekonomi yang berkelanjutan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CSR PT. AMNT melalui department community development sejauh ini sudah mampu menjawab apa yang menjadi permasalahan yang ada pada masyarakat lokal dengan menciptakan lapangan kerja baru dalam bentuk program pengembangan dalam menciptakan ekonomi berkelanjutan.
Masyarakat lokal seharusnya lebih memanfaatkan keberadaan CSR PT. AMNT dengan adanya program pengembangan masyarakat (PPM), sehingga terciptanya siklus ekonomi yang baik serta dapat memperluas pasar UMKM.
Kata Kunci : Efektivitas, Corporate Social Responsibility