Standar Sarana dan Prasarana Sesuai dengan Ketentuan Standar Nasional Pendidikan (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Fata Pujon Malang)
Abstract
Di MI Hidayatul Fata Pujon Malang terdapat beberapa
sarana dan prasarana yang kurang memenuhi bahkan sangat kurang
untuk menunjang berjalannya proses pembelajaran yang ada di
sekolah. Siswa kurang mendapatkan pengetahuan tentang adanya
teknologi informasi yang ada di era sekarang, karena tidak adanya
sarana Laboratorium Komputer sehingga peserta didik belum bisa
mengikuti kemajuan Teknologi Informasi yang seharusnya didapat
disekolah. Bahkan belum mempunyai untuk kantin sendiri belum
tersedia, sehingga siswa keluar dari halaman sekolah pada jam
istirahat. Untuk mushollah pun lembaga belum bisa menyediakan,
akibatnya siswa tidak mempunyai tempat khusus untuk melakukan
praktek atau rutin mengenai hal keagamaan. Adanya perpustakaan
yang kurang memadai juga dapat menghambat kemauan siswa
dalam melaksanan kegiatan membaca yang kegiatan seharusanya
dilakukan pada jam tertentu untuk bisa menambah pengetahuan
yang mereka miliki. di sekolah tersebut sudah ada Unit Kesehatan
Sekolah (UKS), hanya masih gabung dengan ruang perpustakaan,
sehingga jika ada siswa yang sedang kurang sehat atau terluka
akibat terjatuh di sekolah tidak optimal.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah adalah (1) untuk
mengetahuin kondisi Sarana dan Prasarana sesuai dengan
ketentuan Standar Nasional Pendidikan di MI Hidayatul Fata? (2)
untuk mengetahui pengadaan dan perawatan (pemeliharaan) sarana
dan prasarana di MI Hidayatul Fata? (3) Untuk mengetahui
kendala pengadaan sarana dan prasarana di MI Hidayatul Fata?
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam
penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Dan hasil
data yang diperoleh merupakan hasil dari data deskriptif, yakni
berupa kata-kata, gambaran dan bukan termasuk angka-angka.
xi
Sumber data sekaligus informan adalah kepala Sekolah, serta
pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini. Dalam pengumpulan
data, peneliti menggunakan beberapa tekhnik yakni melalui,
observasi, interview serta dokumentasi. Sedangkan dalam
menganalisa datanya, peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data. Untuk pengecekan keabsahan
peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan/keajegan pengamatan, Triangulasi, pengecekam sejawat
melalui diskusi.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah sarana dan prasarana
MI Hidayatul Fata Pujon Malang tidak memenuhi standar
pendidikan nasional. Siswa kurang memiliki pengetahuan tentang
keberadaan teknologi informasi di era saat ini. Kendala sarana dan
prasarana di MI Hidayatul Fata juga memiliki kendala kurangnya
lahan dan keterbatasan dana untuk memenuhi kebutuhan sarana
dan prasarana. Pihak sekolah melakukan pemeliharaan dari segi
sifat yaitu pengecekan, pencegahan dan perbaikan ringan atau
berat.