Strategi Pembelajaran Kokurikuler Al-Qur’an Pendekatan Halaqoh dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Rohmada, M. Shubaqul Iman
dc.date.accessioned 2021-01-06T02:53:58Z
dc.date.available 2021-01-06T02:53:58Z
dc.date.issued 2020-07-20
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1363
dc.description.abstract Dalam dunia pendidikan terdapat tiga kegiatan pembelajaran diantaranya adalah pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler ketiga kegiatan tersebut saling menunjang dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional kegiatan. Kegiatan kokurukuler merupakan kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih memperdalam dan menambah wawasan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler. Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang merupahan salah satu madrasah yang menerapkan program kokurikuler halaqoh Al-Qur'an, Diambil dari masalah yang ada dalam Madrasah An-Nur itu sendiri yaitu belum meratanya kemampuan membaca Al-Qur'an, sehingga dibutuhkan cara agar seluruh siswa dapat membaca Al-Qur'an. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kokurikuler Al-Qur’an pendekatan halaqoh, pelaksanaan dan penilaian program halaqoh dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Yang nantinya seseorang yang bisa membaca Al-Qur’an dapat berguna di masyarakat Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, dimana jenis trategi ini bersifat tebuka dan fleksibel dengan fokus mendalam untuk menyusun deskripsi secara sistematis. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan tanya jawab dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi. Pelaksanaan kegiatan analisis data dilakukan mulai dari perumusan masalah sebelum terjun lapangan dan dilakukan secara terus-menerus sampai menyimpulkan hasil penelitian. Sedangkan teknik pengambilan keabsahan data menggunakan triangulansi baik antar peneliti, metode, sumber data dan teori. Lokasi yang dipilih peneliti adalah Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang. Subjek peneliti adalah peserta didik Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang serta proses kegiatan halaqoh dan informan dari ketua pelaksana sekaligus ustadz halaqoh. Dari beberapa usaha-usaha di atas di dapatkan temuan penelitian bahwasanya perencanaan program halaqoh diawali dari ide pengasuh pondok pesantren An-Nur 1.Yang dalam perencanaanya menggunakan pendekatan halaqoh dengan berkelompok dan individu. Metode yang digunakan adalah metode klassikal, muro’jaah dan sorogan. Yang akan dinilai yaitu kelancaran dalam membaca, kefasihan sesuai makhorijul huruf, tajwid dan kekuatan hafalan. Perencanaan waktu sebelum pelajaran biasa di kelas masing masing selama 45 menit. Pelaksanaan program halaqoh pada kelompok rendah menggunakan teacher center, metode yang digunakan yaitu metode klasikal dan dilanjutkan dengan penilaian sekaligus evaluasi. Untuk kelas sedang dan tahfidz menggunakan pendekatan kelompok student center dan peserta didik memuroja’ah (mengulangulang) bacaan dan dilanjutkan setoran dan penilaian sekaligus evaluasi. Penilaian program halaqoh sesuai dengan kriteria dalam membaca Al-Qur’an yaitu berdasarkan kelancaran, kefasihan, tajwid dan kuatnya hafalan. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana langkah kedepan dari Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang untuk dapat ditingkatkan lagi terutama kehadiran ustadz dan waktu pembelajaranya ditambah agar program halaqoh menjadi lebih baik dan diakhiri dengan hasil yang memuaskan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Kokurikuler Al-Qur’an en_US
dc.subject Halaqoh en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.subject Learning Strategies en_US
dc.subject Curricular Al-Quran en_US
dc.subject Halaqoh en_US
dc.subject Ability to Read Al-Quran en_US
dc.title Strategi Pembelajaran Kokurikuler Al-Qur’an Pendekatan Halaqoh dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account