View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Pembelajaran Kokurikuler Al-Qur’an Pendekatan Halaqoh dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang

Thumbnail
View/Open
Cover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka (3.051Mb)
Date
2020-07-20
Author
Rohmada, M. Shubaqul Iman
Metadata
Show full item record
Abstract
Dalam dunia pendidikan terdapat tiga kegiatan pembelajaran diantaranya adalah pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler ketiga kegiatan tersebut saling menunjang dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional kegiatan. Kegiatan kokurukuler merupakan kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih memperdalam dan menambah wawasan tentang materi pelajaran yang telah dipelajari dalam kegiatan intrakurikuler. Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang merupahan salah satu madrasah yang menerapkan program kokurikuler halaqoh Al-Qur'an, Diambil dari masalah yang ada dalam Madrasah An-Nur itu sendiri yaitu belum meratanya kemampuan membaca Al-Qur'an, sehingga dibutuhkan cara agar seluruh siswa dapat membaca Al-Qur'an. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kokurikuler Al-Qur’an pendekatan halaqoh, pelaksanaan dan penilaian program halaqoh dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Yang nantinya seseorang yang bisa membaca Al-Qur’an dapat berguna di masyarakat Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus, dimana jenis trategi ini bersifat tebuka dan fleksibel dengan fokus mendalam untuk menyusun deskripsi secara sistematis. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan tanya jawab dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi. Pelaksanaan kegiatan analisis data dilakukan mulai dari perumusan masalah sebelum terjun lapangan dan dilakukan secara terus-menerus sampai menyimpulkan hasil penelitian. Sedangkan teknik pengambilan keabsahan data menggunakan triangulansi baik antar peneliti, metode, sumber data dan teori. Lokasi yang dipilih peneliti adalah Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang. Subjek peneliti adalah peserta didik Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang serta proses kegiatan halaqoh dan informan dari ketua pelaksana sekaligus ustadz halaqoh. Dari beberapa usaha-usaha di atas di dapatkan temuan penelitian bahwasanya perencanaan program halaqoh diawali dari ide pengasuh pondok pesantren An-Nur 1.Yang dalam perencanaanya menggunakan pendekatan halaqoh dengan berkelompok dan individu. Metode yang digunakan adalah metode klassikal, muro’jaah dan sorogan. Yang akan dinilai yaitu kelancaran dalam membaca, kefasihan sesuai makhorijul huruf, tajwid dan kekuatan hafalan. Perencanaan waktu sebelum pelajaran biasa di kelas masing masing selama 45 menit. Pelaksanaan program halaqoh pada kelompok rendah menggunakan teacher center, metode yang digunakan yaitu metode klasikal dan dilanjutkan dengan penilaian sekaligus evaluasi. Untuk kelas sedang dan tahfidz menggunakan pendekatan kelompok student center dan peserta didik memuroja’ah (mengulangulang) bacaan dan dilanjutkan setoran dan penilaian sekaligus evaluasi. Penilaian program halaqoh sesuai dengan kriteria dalam membaca Al-Qur’an yaitu berdasarkan kelancaran, kefasihan, tajwid dan kuatnya hafalan. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana langkah kedepan dari Madrasah Tsanawiyah An-Nur Bululawang untuk dapat ditingkatkan lagi terutama kehadiran ustadz dan waktu pembelajaranya ditambah agar program halaqoh menjadi lebih baik dan diakhiri dengan hasil yang memuaskan.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1363
Collections
  • UT - Islamic Education

Related items

Showing items related by title, author, creator and subject.

  • Implementasi Metode Drill dalam Meningkatkan Kelancaran Membaca Al-Qur’an Melalui Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Babul Futuh Tudan Pandaan 

    Roni, Siti Mu’awiyah (Universitas Islam Malang, 2021-07-07)
    Menjadi suatu keharusan bagi setiap umat Islam untuk mempelajari cara-cara membaca Al-Qur’an yang sesuai dengan kaidah-kaidah bacaan. Jika Al-Qur’an tidak dibaca dengan baik dan benarserta tidak sesuai dengan mahkarijul ...
  • Upaya Guru Al-Qur’an Hadis dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII di SMP Islam As-Shodiq Bululawang 

    Febriyanti, Linda Rahayu (Universitas Islam Malang, 2021-07-13)
    Kata Kunci: Upaya, Peningkatan, Membaca Al-Qur’an Karakter manusia saat ini sungguh miris. Zaman sekarang Al-Qur’an jarang sekali digunakan sebagai pedoman hidup. Padahal mendengarkan orang membaca Al-Qur’an saja sudah ...
  • Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun 

    Aliyah, Erva Himmatul (2020-07-18)
    Al-Qur’an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran agama yang sangat penting untuk dipelajari serta diamalkan sebagai suatu pedoman hidup bagi umat manusia. Rendahnya motivasi dalam belajar Al-Qur’an menjadi ...

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group