Pengaruh Struktur Pasar Dan Daya Saing Terhadap Kinerja Umkm Kerajinan Keramik Di Kota Malang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur pasar
dan daya saing terhadap kinerja UMKM kerajinan keramik di kota malang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh “UMKM kerajinan keramik di kota
Malang. Data yang diperoleh dari 30 UMKM kerajinan keramik di Kota Malang.
Penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa struktur pasar dan daya saing secara bersama-sama (simultan)
berpengaruh terhadap kinerja. Sedangkan secara parsial variabel struktur pasar
tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM kerajinan keramik di kota Malang.
Sedangkan secara parsial variabel daya saing berpengaruh positif terhadap kinerja
UMKM kerajinan keramik di kota Malang”. Oleh karena itu UMKM keramik
Malang perlu membentuk keunggulan kompetitif untuk dapat mempertahankan
Usahanya.