Pengaruh Citra Bank Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Menabung Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Bank Bri Kcp Unit Dampit 2)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra
bank dan kepercayaan terhadap keputusan menabung melalui Word of Mouth
sebagai variabel Mediasi terhadap keputusan nasabah untuk menabung di Bank
BRI KCP Unit Dampit 2. Penelitian ini menggunakan metode explanatory
research kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Populasi
dalam penelitian ini adalah nasabah di Bank BRI KCP Unit Dampit 2. Teknik
pengambilan sampel menggunakan metode kuisioner langsung. Sampel
berjumlah 89 responden dari 800 nasabah dengan teknik pengumpulan
kuesioner. Teknik analisis data dalam penilitian ini menggunakan teknik
analisis deskriptif dan path anlisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)
Citra Bank dan Kepercayaan Menabung berpengaruh secara langsung terhadap
Word of Mouth. (2) Citra Bank dan Kepercayaan Menabung berpengaruh
secara langsung terhadap Keputusan Menabung. (3) Word of Mouth
berpengaruh terhadap Keputusan Menabung. 4) Citra Bank dan Kepercayaan
Menabung berpengaruh secara tidak langsung terhadap Keputusan Menabung
melalui Word of Mouth sebagai variabel intervening dengan hasil perkalian
antara Beta X1 terhadap Beta Y dan perkalian Beta Z terhadap Beta Y ialah
sebesar 0,38x0,379=0,144, serta perkalian antara Beta X2 terhadap Beta Y dan
perkalian Beta Z terhadap Beta Y ialah sebesar 0,535x0,379=0,20. Hasil uji
sobel pertama (X1 terhadap Y melalui Z) dan kedua (X2 terhadap Y melalui
Z) menunjukkan bahwa hasil two-tailed probability < 0,05