Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Group Investigation (GI) Berbasis Card Sort Dengan Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Kanigoro
Abstract
Tujuan dilakukan penelitian ini sebagai berikut. (1) Untuk mengetahui perbedaan
kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang menggunakan model
Group Investigation (GI) berbasis Card Sort dengan strategi PQ4R dan yang
menggunakan model konvensional; (2) Untuk mengetahui manakah yang lebih
baik kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang menggunakan
model Group Investigation (GI) berbasis Card Sort dengan strategi PQ4R dan
yang menggunakan model konvensional; (3) Untuk mendiskripsikan kemampuan
komunikasi matematis Model Group Investigation (GI) berbasis Card Sort
dengan strategi PQ4R dan yang diajarkan dengan menggunakan model
konvensional. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) dengan
desain sequential explanatory. Hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan
yang signifikan antara kelas yang menggunakan model Group Investigation (GI)
berbasis Card Sort dengan strategi PQ4R dan kelas yang menggunakan model
Konvensional diperoleh (Sig = 0,016 < 0,05); (2) Kemampuan komunikasi peserta
didik kelas yang menggunakan model Group Investigation (GI) berbasis Card
Sort dengan strategi PQ4R lebih baik daripada kelas yang menggunakan model
Konvensional diperoleh (thitung = 2,489 > ttabel = 2,000); (3) Subjek pada kelas yang
menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Card Sort
dengan strategi PQ4R mampu lebih menguasai semua indikator daripada kelas
yang menggunakan model Konvensional.